MOTIVASI ATAU PUTUS ASA

MOTIVASI ATAU PUTUS ASA

 Kata-kata motivasi saat ini sangat diburu, terlihat dengan bermunculannya para motivator ulung seperti Mario Teguh dan kawan-kawan. Salah satu pernyataan motivatif: “Di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin.” Maka siapa saja orangnya yang ingin sukses, berbuatlah! Karena ada kemungkinan untuk sukses. Kata motivatif ini bisa disandingkan dengan kata-kata ‘orang awam’: “Kita ini hidup ada takdirnya. Apabila sukses, maka itu nasibnya. Apabila kita gagal itu nasib juga.” Maka jalanilah hidup ini laksana air mengalir. Kira-kira begitulah kedua pernyataan yang berbeda penyikapan terhadap hidup masuk pada benak saya.

Apakah benar kalau kita berusaha seperti kata-kata motivasi pasti sukses? Benar, tapi tidak semua orang akan sukses. Apakah orang yang memegang kata-kata awam tidak akan sukses? Benar, tapi tidak semua orang yang memegang kata-kata awam itu tidak sukses. Cukup banyak orang yang usahanya biasa-biasa saja, tapi bisa menjadi orang sukses (tentunya, ukuran sukses menjadi relatif).

Jadi apabila kita yakin akan sukses, maka bersiaplah untuk sukses, dan HARUS siap juga tidak sukses.

Apabila kita merasa tidak akan sukses karena tidak ada faktor yang mendukung kita sukses, maka bersiaplah tidak sukses, dan HARUS siap juga kita akan sukses.

Saya teringat dengan pepatah: RAJIN PANGKAL PANDAI, HEMAT PANGKAL KAYA

Pepatah ini tidak berlaku untuk semua orang, tapi mungkin untuk kebanyakan orang. Orang yang tidak rajin ada juga yang pandai (karena IQ tinggi), orang hemat banyak juga yang miskin (karena hematnya dalam suasana ekonomi keluarga yang tidak ada, jadi hematnya dalam rangka bertahan hidup).

Salahkah pepatah di atas? TIDAK, tapi kita harus memahaminya secara ‘mengakar’. Pandai di sini bukan hanya berarti awalnya tidak masuk sepuluh besar pasti akan menjadi sepuluh besar, tentu tidak, tapi apabila rajin maka akan memberikan nilai lebih kepada seorang siswa, walaupun ia tidak berubah masuk sepuluh besar, tapi ia menjadi lebih bijak dalam bersikap. Bisa juga ia tidak memperoleh nilai 100, tapi dia telah pandai merasakan dan menilai gaya-gaya belajar yang menyebabkan ia tidak memperoleh nilai 100.

Hemat pangkal kaya. Ini jangan hanya diartikan kaya uang atau harta, tapi kaya sikap juga. Karena sekali lagi yang hemat, belum tentu akan kaya uang. Ketika kita sudah berusaha semaksimal mungkin hemat, tapi tetap miskin atau malahan terpuruk. Ini akan membuahkan kekayaan sikap yang luar biasa, seperti tidak menyalahkan para petani dan buruh yang miskin, kaya kata-kata sehingga tidak berkata: “Pantas dia miskin, toh dia tidak mau usaha” (pernyataan ini kurang tepat, lebih baik segera bantu orang itu agar mau berusaha).

Jadi, orang miskin itu belum tentu karena tidak hemat, tapi bisa juga karena ketiadaaan. Orang bodoh itu belum tentu tidak rajin, tapi bisa juga karena ketidaktahuannya untuk menjadi pandai. Ini menjadi tugas sesama manusia untuk saling membantunya.

Boleh jadi juga, pandai dan kaya itu tidak diperoleh di dunia, tapi kelak di akherat. Tentang pepatah motivator: kalau kita dalam keadaan lemah, lunglai, tidak bersemangat maka gunakanlah kata-kata dari motivator. Akan tetapi, ketika kita berada dalan kesibukan dalam berikhtiar, tapi tetap susah juga, maka gunakanlah pepatah orang awam, ‘hidup ini menjalani nasib’. Begitulah bentuk penyikapan kedua pepatah tersebut, ini sesuai dengan pernyataan bahwa hidup ini selalu berpasangan.

Mari kita ambil pelajaran sebesar-besarnya dari orang ‘yang disebut sukses’. Kita juga harus mengambil pelajaran sebesar-besarnya dari orang ‘yang dianggap gagal, bodoh, miskin, fakir’, karena pasti ada pelajaran yang dibutuhkan manusia. Di samping itu, kita harus berterima kasih kepada orang-orang ‘yang sukses’, tapi kita harus juga berterima kasih kepada orang ‘yang dianggap gagal’, karena orang gagal secara tidak langsung sudah ‘mengorbankan dirinya’ berada dalam kegagalan yang pastinya tidak ia inginkan.

One response to “MOTIVASI ATAU PUTUS ASA

  1. There are many vitamins on the market, however this one really works. I’ve tried many that make you sleepy but I haven’t experienced it yet with this one. You body needs this supplement, there is no need to go without.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s