DI INDONESIA SULIT MEMPEROLEH “BUKU HIJAU”

DI INDONESIA SULIT MEMPEROLEH “BUKU HIJAU”

Penerjemah: Komarudin Tasdik

Sumber: Luqman A.R. Diab. In Indonesia Difficult  to  Obtain “The Green Book”.http://muammargadhafi.wordpress.com/

Kolonel Muammar al-Gadhafi benar-benar berharap orang-orang di seluruh dunia untuk membaca dan mengkaji Buku Hijau (The Green Book). “Saya berharap semua dunia membaca Buku Hijau sampai selesai dan seksama, …Kaum idealis di dunia ini sangat sedikit,” Kolonen Gadhafi berkata kepada Amani Radwan dari majalah TIME tanggal 18 Mei 2006. Tapi sayangnya, The World Center for the Studies and Researches of the Green Book  ( The Green Book Center ) berada di Tripoli. Lebih banyak disampaikan dalam forum seminar daripada mendistribusikan Buku Hijau itu kepada komunitas di luar Jamahiriya. The Green Book Center banyak disampaikan pada seminar tentang “Buku Hijau”, bukan mempublikasikan dan mendistribusikannya. Sedangkan kewajiban untuk mempublikasikan dan mendistribusikan “Buku Hijau” kepada komunitas di seluruh dunia harus dilakukan oleh People’s Bureau of the Great Socialist People’s Libyan Arab Jamahiriya bekerja sama dengan para penerbit lokal.

Agar “Buku Hijau” dibaca orang-orang di seluruh dunia, Jamahiriya akan membiayai seluruh penerbitan buku itu dan didistribusikan ke berbagai universitas, lembaga pendidikan, Perpustakaan Nasional, organisasi sosial dan politik, termasuk MP. Mereka semua akan menerima “Buku Hijau” gratis dibiayai oleh Jamahiriya. Di Indonesia, banyak orang tidak mengetahui “Buku Hijau”. Bahkan mereka yang sudah mengetahui keberadaannya belum pernah membacanya karena sulit diperoleh. Tepat tahun 2002 saya sendiri sebagai pemilik al-Diab Books Publishing telah mencoba mempublikasikan “Buku Hijau”. “Al-Kitab al-Akhdar” sudah diterjemahkan dari bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia oleh penerjemah resmi, yakni Kementerian HAM Republik Indonesia. Dan Kementerian Luar Negeri RI telah terdaftar oleh Perpustakaan Nasional Indonesia tanggal 2 Agustus 2002 dan diberi ISBN 979-96536-1-4 dan katalog Data Publikasi, termasuk label Bar-Code No. 9789799653611. Semua biaya persiapan publikasi “Buku Hijau”, termasuk biaya terjemahan dan yang lainnya dibiayai oleh saya sendiri. Ketika saya berkunjung ke Tripoli tanggal 2 Maret 2002 untuk memenuhi undangan Dr. Abdulla Othman Abdulla, Director General of the Green Book Center, menurut Dr. Basir, The Green Book Center juga ingin membantu biaya publikasi buku tersebut. Tapi hingga sekarang (2010) tidak ada respon dan surat saya tidak pernah dibalas oleh The Green Book Center. Sebagai seorang penulis yang mengagumi Kolonel Muammar al-Gadhafi dan telah membaca semua tulisannya, saya merasa kecewa sekali karena kerja keras saya tidak dihargai. Jika People’s Bureau di seluruh dunia tidak diberi wewenang untuk mempublikasikan dan mendistribusikan buku tersebut, saya pikir hingga kapanpun masyarakat Indonesia dan negara-negara Muslim lainnya tidak akan pernah membaca “Buku Hijau” itu. Paling tidak The People’s  Bureau of  the G.S.P.L.A.J. di Indonesia diberi wewenang untuk mengeluarkan “Buku Hijau” itu (The Green Book) dalam bahasa Indonesia dan akan bekerja sama dengan Pustaka al-Diab (Al-Diab Books Publishing/Al-Diab Foundation) di Jakarta, yang terdaftar di Perpustakaan Nasional Indonesia untuk mempublikasikan buku tersebut, sehingga kaum intelektual yang ada di negara Muslim terbesar di dunia ini, akan dapat membaca dan mengkaji buku tersebut.

2 responses to “DI INDONESIA SULIT MEMPEROLEH “BUKU HIJAU”

  1. Pingback: The Green Book Buku Hijau Karya Muammar Khadafi « All In One SEMUA ADA DISINI

  2. What i do not understood is if truth be told how you are not really much more neatly-favored than you may be now. You are so intelligent. You know therefore considerably in relation to this topic, made me individually believe it from a lot of numerous angles. Its like men and women aren’t fascinated until it¡¦s one thing to do with Lady gaga! Your own stuffs outstanding. At all times deal with it up!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s