E-GOVERNMENT DI INGGRIS

E-GOVERNMENT DI INGGRIS

Penerjemah: https://komarudintasdik.wordpress.com

Sumber: John Hudson. 2007. E-Government in the United Kingdom, Ari-Veikko Anttiroiko, Matti Malkia. Encyclopedia of Digital Government. Volume 3. London: Idea Group Inc.

KEMAJUAN DAN DAMPAK

Sebagai target tahun 2005, pemerintahan dapat mencapai target 75% layanan yang tersedia secara elektronik di akhir tahun 2004 dan estimasinya 96% akhir 2005 (Cabinet Office, 2005a, 2005c). Dalam istilah umum, UK sedang melakukan dengan baik berdasarkan beberapa rangking performa e-government pada waktu ini juga. Contohnya, UN memposisikan UK keempat dunia kategori kesiapan e-government (UN, 2005) sedangkan sebuah laporan yang dipublikasikan oleh European Commision (2005) memberikan rate kepada UK sebagai terbaik ketiga di Eropa kategori kepuasan layanan e-government. (Lihat Tabel 2 untuk beberapa layanan kunci).

Bagaimanapun, walaupun ada kesuksesan seperti ini, ada juga beberapa kelemahan dalam program reformasi. Kelemahan yang paling signifikan adalah sangat rendahnya penggunaan e-service: walaupun UK berperingkat tinggi di EU atas kualitas layanannya, ia berada di bawah dalam tabel liga EU kategori penggunaan e-government oleh sektor bisnis dan lebih rendah lagi terkait dengan penggunaannya oleh masyarakat (Eurostat, 2005). Sementara itu, terdapat tiga perkembangan (terus berkembang) web portal pemerintahan pusat selama era Blair—open.go.uk, UK Online dan, yang terbaru, Directgov—bisa dikatakan bahwa kemunculan ini relatif tetap rendah dibandingkan agenda e-government yang telah ditetapkan. Tentu saja, Tony Blair sendiri mengakui sedang ditanyai di Parlemen yang dia tidak ketahui tentang URL portal pemerintahannya (House of Commons Liaison Committee, 2005, p. Q90). Tambahan juga bahwa layanan-layanan yang tersedia saat ini berawal dari visi radikal untuk penemuan kembali pemerintahan yang digagas tahun 1999 dan kebanyakan beroperasi dalam batas-batas lembaga yang ada daripada pekerjaan lintas mereka, tidak sedikit karena departemen-departemen pemerintahan individu yang diberikan target 100% layanan online-nya sekitar tahun 2005 tapi tidak ada target untuk pekerjaan linat departemen atau lembaga. Tambahan pula, pemerintah sudah berjuang dengan isu verifikasi identitas online dan sebagian dari layanan transaksi hanya dapat diakses dalam bentuk formulir registrasi berbasis kertas, sedangkan sebagiannya menyediakan informasi online dan formulir yang dapat di-download tapi meminta masyarakat untuk mencetaknya serta surat yang ditanda-tangani untuk melengkapi transaksi.

bersambung

2 responses to “E-GOVERNMENT DI INGGRIS

  1. minta sumber jurnalny dong min

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s