PARADIGMA UJIAN TUGAS AKHIR

PARADIGMA UJIAN TUGAS AKHIR

(https://komarudintasdik.wordpress.com )

Sudah menjadi hal umum, apabila seorang mahasiswa akan menjalankan tugas akhir dari perkuliahannya menjadi tegang. Beberapa alasannya: kurang menguasai, takut banyak ditanya penguji, bahkan seringkali ada rumor bahwa pembimbing suka mencecar habis mahasiswa penyaji tugas akhir itu.

Padahal kalau kita lihat dari kedudukannya, tugas akhir itu berarti:

  1. Hasil karya mahasiswa dan dosen pembimbingnya. Ini sudah pasti sudah menjalani proses berpikir yang cukup panjang dan matang yang patut dihargai.
  2. Hasil karya seorang umat manusia. Ini sudah pasti ada manfaatnya. Dengan demikian, tugas penguji itu bukan ‘seolah-olah’ mematahkan komunikasi mahasiswa dalam menyampaikan karyanya sehingga mahasiswa terbata-bata di hadapannya. Akan tetapi, seorang penguji harus berusaha memotivasi dan menggali secara cerdas dan lembut semua yang ada dalam pikiran mahasiswa untuk ikut berkontribusi melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada dalam tugas akhir. Apabila pembimbing membuat mahasiswa tegang, maka pertanyaannya: Bagaimana bisa seorang mahasiswa biasa dapat berkontribusi dalam pembaharuan ilmu pengetahuan ini? Padahal faktanya, mahasiswa pintar lebih sedikit dari mahasiswa ber-IQ biasa.

Pendek kata: Penguji juga harus merasa berkewajiban untuk berperan sebagai PEMBIMBING bagi mahasiswa dan menjadi pembela bagi tugas akhirnya (membela bukan berarti membenarkan semua isi tugas akhir, tapi memberikan solusi untuknya tanpa harus membuat detak jantung mahasiswa bergerak kencang di atas 100km/jam hingga hampir copot. He….he…). Boleh jadi ini salah satu bentuk reformasi kampus yang sudah lama tidak terbersit di benak kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s