70 SOLUSI UNTUK KESALAHAN YANG SERING TERJADI DALAM MENULIS

70 SOLUSI UNTUK KESALAHAN YANG SERING TERJADI DALAM MENULIS

Penerjemah: Komarudin Tasdik

 

Sumber: Bob Mayer. 2007. 70 Solutions to Common Writing Mistakes. Cincinnati, Ohio. Hal. 9-10. www.writersdigest.com

BAGIAN I: KEBIASAAN

TIDAK MEMULAI

Mengapa ini merupakan kesalahan: Jika anda tidak memulai, maka anda tidak akan pernah selesai. Menyelesaikan proyek penulisan, terutama novel, merupakan prospek yang menakutkan. Banyak orang menjadi beku karena prospek itu. Yang lainnya terus menunggu waktu yang tepat. Sebagian menunggu datangnya inspirasi. Bahkan para penulis yang berpengalaman merasa lebih mudah melakukan sesuatu daripada benar-benar menuliskannya.

Banyak orang berkata, “Saya selalu ingin menulis sebuah novel/buku/cerita nonfiksi/artikel majalah.” Mereka disebut wannabe. Janganlah menjadi seorang wannabe.

SOLUSI: Mulailah di manapun. Adapun membukan baris kalimat, halaman, dan bab sebuah buku itu adalah penting, ingatlah anda akan selalu dapat berubah apabila menuliskannya kembali apa yang telah dibaca. Dengan demikian, setelah melakukan persiapan yang tepat (sambil berjalan), pilihlah titik awal yang dianggap terbaik pada momen tersebut dan mulailah menulis. Waktu yang tepat adalah sekarang. Menit ini. Waktu yang tepat bisa jadi sambil duduk di bandara sambil menunggu tinggal landas, di tempat seperti inipun kita dapat menulis.

ANDA TIDAK HANYA MENYEDIAKAN KEDATANGAN INSPIRASI, TAPI JUGA ENERGI UNTUK MENOPANGNYA. ANDA TIDAK BISA MELIHAT KELUAR UNTUK HAL-HAL INI. TIDAK ADA ORANG LAIN YANG  DAPAT MEMBUAT ANDA MAU MENULIS.

Jika anda mengkaji para penulis sukses, anda akan menemukan bahwa banyak yang memulai menulis ketika saat-saat yang hampir “tidak memungkinkan”—bukan ketika semua bintang bersinar dan bukan pula sesuatu muncul dalam kesempurnaan. Seringkali mereka menulis ketika waktu terlihat sangat buruk. Ini mungkin benar-benar menjadi waktu terbaik untuk menulis. Jika anda menunggu hingga saat yang tepat, sesungguhnya waktu itu tidak pernah akan datang.

Dengan demikian. Anda telah membaca sebuah buku tentang kesalahan dalam menulis. Jika anda selalu menginginkan untuk menulis tapi tak pernah menulis apa yang anda inginkan, anda telah membuat kesalahan pertama dan itu dengan mudah dapat diperbaiki. Bukalah dokumen kosong; ambillah sedikit kertas kosong dan pensil (bukan yang sempurna); bukalah nadi dan mulailah mendarahi halaman itu (kerahkanlah segala kekuatan diri yang ada dan mulailah menulis saat itu juga—pent.).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s