TEKNIK DAN PRINSIP PENGAJARAN BAHASA

TEKNIK DAN PRINSIP PENGAJARAN BAHASA

Oleh: Diane Larsen-Freeman

Penerjemah: Komarudin Tasdik

BAB I

PENDAHULUAN

Sebagai guru bahasa anda harus membuat keputusan. Beberapa keputusan biasanya berupa hal yang sederhana, sebagai contoh harus memberikan PR di hari-hari tertentu. Keputusan lainnya memiliki implikasi yang sangat besar. Apa tujuan dari suatu pengajaran bahasa? Metode pengajaran bahasa yang mana yang akan sangat efektif untuk mencapai tujuan? Apa manfaat yang paling besar dari evaluasi terhadap metode itu? Pertanyaan tersebut tidak dapat dijawab hanya dengan satu jawaban. Anda harus menjawabnya sesuai dengan bidang kajian anda. Kami percaya bahwa seorang guru dapat memberitahukan kemungkinan-kemungkinan dalam pembuatan keputusan yang lebih baik. Setelah itu, guru dapat membuat pilihan informasi tentang apa yang akan diajarkan (Stevic 1982, Larsen-Freeman 1983a, 1983b).

Satu tujuan dari buku ini adalah memberikan informasi kepada para guru dan trainer tentang delapan metode pengajaran bahasa asing. Dengan membaca buku ini anda akan memahami prinsip-prinsip yang relevan dengan masing-masing metode. Delapan metode ini dipilih karena cukup praktis untuk saat ini. Bukan tujuan kami membuat anda sangat superior dalam menguasai suatu metode; tetapi inti dari metode dalam buku ini hanya sebuah faktor pendukung dalam suatu pembelajaran. Bagaimana cara memilih metode itu? Anda dapat mencermatinya sendiri. Tujuan kedua dari buku ini adalah mengenalkan anda terhadap latihan-latihan tentang pengajaran dan pembelajaran serta bagaimana memperaktekkannya. Bahkan anda dapat mengetahui prinsip-prinsip metode ini berdasarkan pertimbangan dan pengalaman. Mungkin pertimbangan seperti ini akan memahami anda untuk memahami mengapa anda melakukan apa yang anda lakukan.

Kami tidak mengharapkan anda mengadopsi metode-metode ini sepenuhnya. Kami pikir akan ada beberapa prinsip yang dianggap jelek oleh anda. Meskipun ada teknik-teknik yang disesuaikan dengan metode dan diambil dari teknik-teknik tertentu, kebanyakannya dapat diterapkan dalam berbagaigayadan situasi mengajar. Teknik-teknik ini tidak begitu banyak berbeda dengan aktivitas mengajar guru di lapangan.

Jadi tidak boleh terlalu cepat mengatakan metode itu tidak sesuai, padahal hanya membaca sekilas, karena itu memungkinkan anda beranggapan tidak mungkin menerapkannya. Contohnya, kita kaji satu metode, para guru sering merekam hasil speaking para siswa yang sedang mempelajari bahasa. Jika anda menolak teknik ini karena tidak memiliki tape recorder, berarti anda kehilangan sesuatu yang berharga. Pertama yang harus anda lakukan, tanyakan pada diri sendiri apa tujuan penggunaan tape recorder itu: apakah ada manfaat yang paling substantif; misalnya apakah menulis di papan tulis lebih baik daripada merekamnya? Jadi ketika anda membaca buku ini, coba bayangkan bagaimana menerapkan teknik-teknik ini secara kreatif sesuai dengan situasi yang ada. Penerapannya tergantung pada imajinasi anda.

Kita akan mengkaji delapan metode ini dengan memasuki kelas di mana salah satu metode itu diterapkan. Kita akan meneliti teknik-teknik yang sedang seorang guru gunakan dangayamengajarnya di kelas. Pada bab-bab tertentu, guru yang dimaksud adalah perempuan, dan di bab yang lainnya guru tersebut adalah laki-laki. Setelah mengamati suatu pelajaran kita akan mencoba untuk menyimpulkan prinsip-prinsip pengajaran berdasarkangayadan teknik mengajar guru tersebut. Walaupun kita hanya mengamati satu kelas tingkat pemula atau tingkat menengah, tetapi penerapan prinsip tersebut jelas terlihat, dapat diaplikasikan di tingkat yang lain dan pada situasi yang berbeda.

Setelah kita mengidentifikasi prinsip-prinsip tersebut, kita akan mengkaji jawaban-jawaban terhadap sepuluh pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan itu adalah:

  1. Apa tujuan para guru menggunakan metode tersebut?
  2. Bagaimana peran guru? Bagaimana peran siswa?
  3. Apa ciri-ciri proses pengajaran/pembelajaran tersebut?
  4. Bagaimana biasanya interaksi guru dan siswa? Bagaimana biasanya interkasi siswa dengan siswa?
  5. Bagaimana perasaan siswa terhadap metode itu?
  6. Bagaimana pandangan siswa terhadap bahasa? Apakah dipandang budaya?
  7. Di mana bahasa dikembangkan? Keterampilan berbahasa apa yang dikembangkan?
  8. Bagaimana peran bahasa asli siswa?
  9. Bagaimana evaluasi yang diterapkan?
  10. Bagaimana cara guru merespon kesalahan-kesalahan siswa?

Jawaban-jawaban terhadap metode di atas akan menambah pemahaman terhadap masing-masing metode itu dan memungkinkan kita untuk melihat perbedaan-perbedaan antara metode yang dibahas di sini.

Melihat pertanyaan-pertanyaan di atas, teknik-teknik yang kita amati dalam sebuah kelas akan dikaji ulang dan beberapa hal dikembangkan agar dapat dipraktekkan jika anda hendak mempraktekkannya.

Di akhir setiap bab ada dua tipe latihan. Pertama menguji apa yang telah anda baca. Tipe ini berhubungan dengan tujuan dari buku ini, yakni membahas tentang tiap-tiap metode. Kedua menguji apa yang telah anda pelajari. Ini dirancang untuk merelasikan antara apa yang anda pahami tentang metode ini dengan situasi mengajar anda. Tujuannya adalah anda diajak berpikir untuk mengaplikasikan metode-metode itu dalam proses pengajaran anda. Tentang siapa yang harus menentukan metode mana yang sesuai dengan keyakinan, kebutuhan dan pengalaman anda, ya andalah yang lebih mengetahui hal itu.

Bacaan tambahan

Larsen-Freeman, Diane. 1983a. Informed choices: Review of Teaching and Learning Languages by Earl Stevick. TheLondonTimes Higher Education Supplement, March 11, 21.

_______. 1983b. “Training Teachers or Educating a Teacher.” InGeorgetownUniversityround table on languages and linguistics, edited by James E. Alatis, H. H. Stern, and Peter Strevens, 264-74.Washington,D.C.:GeorgetownUniversityPress.

Stevick, Earl. 1982. Teaching and Learning languages.Cambridge:CambridgeUniversityPress.

BAB DUA

METODE THE GRAMMAR-TRANSLATION

Pendahuluan

Buku Asli:

Diane Larsen-Freeman. 1986. Techniques and Principles in Language Teaching.New York:OxfordUniversityPress

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s