Sistem Informasi Maintenance

Sistem Informasi Maintenance

 

Oleh: Susan Dahlberg

Format: html

Diterjemahkan oleh: Komarudin Tasdik

Enterprise Asset Management (EAM) dan Computerized Maintenance Management Systems (CMMS) merupakan strategi pengamanan yang sangat reliable. Software ini dapat memenej dan mengoptimalkan reliabilitas dan performance asset fisik serta operasi-operasi maintenance, men-support proses bisnis dan membantu para pengemban bisnis. EAM dan CMMS juga men-support strategi manajemen asset perusahaan. Software ini merupakan kunci aliran informasi dan menggerakan suatu organisasi untuk menjalankan bisnisnya.

Keputusan pembelian dimulai dengan suatu analisis bagaimana maintenance organasisasi saat ini dan apa strateginya di saat yang akan datang. Total cost yang ada juga harus diperhitungkan. Sistem ini dapat membantu organisasi untuk mengimplementasikan strateginya untuk mengurangi downtime, meningkatkan pemanfaatan sumberdayanya, mereduksi maintenance costs dan dapat dipandang sebagai tool komunikasi untuk membantu dalam pembuatan keputusan yang lebih baik.

Software ini dapat membantu perusahaan memperbaiki bisnisnya tapi bukan berarti program yang menyelesaikan semua aktivitas yang user inginkan, jadi peraturan (job description: pent.) tetap harus dibuat juga. Artikel sebelumnya, “Managing an EAM/CMMS Project-Phase One: An unbiased team approach to system selection” (MT 5/05, pg 35) membahas tentang cara-cara untuk menyeimbangkan keinginan dan kebutuhan dari berbagai departemen, yakni denga cara memilih paket terbaik mana yang dibutuhkannya.

Menggunakan software untuk melakukan aktivitas maintenance menjadi hal penting bagi beberapa perusahaan yang ingin terus memperbaiki dan mengembangkan KPI untuk mengukur kemajuannya. Management support menilai proses maintenance, dan kemudahannya sebagai kunci sukses.

Sistem Informasi Maintenance berjalan pada berbagai platform menggunakan mainframe, client/server, thin client, atau browser-based application. Secara sederhana, stand-alone systems berjalan pada PC atau local area nerwork. Karena beberapa paket aplikasi powerful dapat berjalan pada single PC atau networked PC tanpa midrange server, maka pemisahan antara sistem besar dan kecil menjadi kabur (tidak jelas). jadi, kami menyatukan semua paket software dalam satu direktori.

Banyak perusahaan menawarkan program secara spesifik dapat diakses melalui internet. Web-architected program ini dapat tersebar (dikenal) secara cepat melalui sejumlah situs menggunakan Web browser, WAN dan LAN. Organisasi multi-situs dapat memanfaatkan penyimpanan data sentralistik yang memungkinkan untuk normalisasi dan standarisasi. Variasi lain dari metode ini, memungkinkan user untuk mengakses program melalui internet dari tempat masing-masing.

Menggunakan pendekatan-pendekatan ini, bagian maintenance dapat mengakses informasi dan melakukan order dalam sejumlah cara—berdasarkan berbagai terminal dan PC, atau mobile Palm-type personal digital assistant (PDA) dan memungkinkan komputer menjalankan Windows CE. Perangkat wireless dan frequency radio lainnya sebagai pengakses informasi juga tertangani. Perkembangkan-perkembangan mencakup e-commerce, supply chain integration, internet, dan teknologi-teknologi wireless yang pertama kali diimplementasikan dalam perusahaan lebih besar, juga diimplementasikan oleh perusahaan-perusahaan kecil dan menengah.

Beberapa perusahaan menawarkan pilihan application service provider (ASP) atas program-program mereka. Para user tinggal membayar per bulan untuk mengakses software melalui internet-enabled workstation. ASP itu menyimpan program dan data pada server-nya. Para user selalu mengakses versi-versi program terbarunya. Metode pengiriman ini mengeliminir kebutuhan atas in-site hardware infrastructure, administrasi sistem, dan associated cost pada end user dan memungkinkan perusahan-perusahaan lebih berkonsentrasi pada pengoperasian perusahaannya daripada sistem komputer mereka.

Untuk mengetahui kebutuhan berbagai perusahaan yang mengakui manfaat transaksi elektronik, beberapa supplier software menyediakan Web-enabled system yang men-support e-pocurement dalam programnya atau memungkinkan para user mengintegrasikan EAM atau CMMS sistemnya dengan vendor software lain. Area pertumbuhan lain adalah konektivitas dengan program-program yang memiliki kemampuan integrasi data dengan aplikasi bisnis ERP, otomasi produksi dan sistem kontrol, serta software perusahaan lainnya.

Direktori ini menyediakan informasi pokok pada sistem dari 45 perusahaan. Daftar sistem informasi maintenance disertai dengan alamat, telepon dan URL supplier sistem informasi maintenance. Suatu indeks software/perusahaan dapat membantu para user untuk mencari berbagai entry yang hanya berdasar pencarian nama softwarenya.

Informasi dalam listing utama disediakan lima kolom: Software dan Company, General Information, Technical Information, Installed Base, dan Relative Cost.

  • Software and Company. Entry disusun secara alfabetis oleh perusahaan supplier dengan listing terpisah atas tiap paket software. Beberapa perusahaan mengindikasikan bahwa tawaran mereka adalah modul fungsional dari sistem enterprise resources planning (ERP) yang lebih besar atau dapat dikenali sistem ERP yang dimilikinya, dan mereka tercatat pada kolom ini.
  • General Information. Arsitektur sistem dasar diusulkan oleh M for mainframe, CS for client/server, TC for thin client, B for browser, PC for stand-alone atau LAN. Beberapa sistem dapat dikonfigurasikan oleh lebih dari satu metode.  Staffing figures ini merepresentasikan sejumlah orang yang tertarik dalam aktivitas riset dan pengembangan serta sejumlah orang  yang terlibat dalam aspek-aspek bisnis EAM/CMMS. Ketersediaan software ini menjelaskan base figure yang diinstal pada kolom berikutnya sampai kolom terkahir.
  • Technical Information. Lima line informasi menyediakan deskripsi pokok dari persyaratan support aplikasi (hardware server, sistem operasi server, database manager, sistem operasi client, dan sistem operasi PC).

–          Server hardware. Beberapa supplier me-list persyaratan hardware secara spesifik untuk software-nya. Supplier-supplier lainnya me-list pabrik-pabrik komputernya.

–          Server operating system. Tipe sistem operasi menyediakan banyak informasi tentang sistem untuk berbagai aplikasi. Unix sebagai sistem yang populer untuk midrange computer, hardwarenya telah tersedia.

–          Datase manager. Relational database manager sebuah program merupakan faktor penting bagi organisasi dalam memilih software-nya. Jika database managernya sama, seperti EAM/CMMS maka ia dapat berjalan dengan aplikasi lainnya.

Database manager merupakan contributor signifikan untuk tampilan EAM/CMMS. Software ini meng-handle prosedur-prosedur yang harus ditulis pada program aplikasi lain, menambah kompleksitasnya. Banyak program EAM/CMMS ditulis untuk dapat beroperasi dengan berbagai database. Program-program lainnya ditulis untuk single database, yang memungkinkan mereka untuk membuat feature dan development tools lebih baik yang sudah tersedia dalam database bersangkutan. ODBC dapat terhubung dengan Open Database Connectivity, SQL-based interface dari Microsoft didesign untuk mengakses berbagai database.

–          Client operating system. Entry me-list sistem operasi untuk client porsi software-nya.

–          PC operating system. Entry ini me-list sistem operasi untuk PC atau sistem berbasis PC-LAN.

  • Installed base. Tiap perusahaan diminta untuk memberitahukan installed base software-nya dalam empat site category: process industry (Pro); discrete manufacturing (Mfg); hospitals, schools, government installations, dan Facility (Fac) lainnya; serta utility plants (Util). Last number (Tot) merepresentasikan total installed base.
  • Relative cost. Perusahaan Supplier diminta untuk memberitahukan harga khusus untuk intalasi sistem mereka dalam berbagai ukuran departemen maintenance. Kode cost dan ukuran instalasi ter-list di bawah halaman direktori.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s