KANADA

KANADA

Oleh: W. L. Morton

(Profesor Sejarah,UniversityofManitoba,Winnipeg, Kanada)

Terjemahan

Saat ini Kanada merupakan sebuah Negara yang tidak seimbang populasi dan sumber penghasilannya. Populasinya kurang dari 17.000.000, sedikit menggelikan dalam hubungan daerah dan sumber penghasilannya. Kanada ibarat anak yang sangat kecil memakai celana panjang yang sangat besar. Karena ketidakseimbangan ini, kepentingan dan aktivitas bangsa dalam urusan dunia juga tidak seimbang dengan populasinya, bahkan dengan perkembangan industri yang cukup besar berpengaruh terhadap populasi kanada. Konsekuensinya sebuah negara harus memperhatikan perkembangan internalnya, dikaitkan dengan tingkat perkembangan industri yang tinggi, meningkatkan surplus bahan-bahan mentah dan barang-barang manufaktur yang harus dijadikan ekspor.

Karena alasan ekonomi ini, dan yang kedua alasan politik harus ditambahkan bahwa: Apapun yang berkaitan dengan kebijakan isolasi di Amerika Utara berarti perhatian AS tertumpu pada Kanada.

Dalam politik dunia, Kanada berada dalam tiga area, persemakmuran, Amerika dan PBB.

Persemakmuran adalah asosiasi tradisional. Dalam hal ini, Kanada bermaksud mempertahankan hubungan dengan teman-teman lama, seperti persemakmuran Inggris, dan menjalin kerja sama baru, seperti denganAsiadan Afrika. Berarti, bangsa Kanada juga berharap dapat membuktikan dengan yakin bahwa kebebasan berpolitik merupakan hak sepenuhnya bagi bangsa-bangsa yang merdeka.

Dalam hubungan dengan AS, Kanada berharap atas pertahanan yang sangat baik, sumber modal pengembangan yang banyak dan kekuatan industri yang bagus. Mengokohkan persekutuan militer antara kedua negara dan kerja sama ekonomi yang ekstenif merupakan jalinan yang kuat antara bangsa kanada yang memperhatikan kebebasan politik negaranya. Konsentrasi ini bukan karena kebijakan atau tindakan AS, tetapi muncul karena perbedaan besar dari kedua negara tersebut.

Jadi, hubungan dengan AS, walaupun dalam beberapa hal menguntungkan dan menjadi penghargaan bagi Kanada, di lain pihak mengekang dan mengganggu hubungan kedua negara tersebut, Jadi, Kanada mencari pembebasan dari ketergantungan ini kepada PBB. Di sini, Kanada telah menikmati partisipasi dalam dunia politik dan berterimakasih banyak atas transparansi personal dan kepandaian diplomatik Lester B. Pearson, Secretary of State for External Affairs, 1948-57, menjadikan Kanada mempunyai tujuan dan memberi jasa yang berguna bagi Kanada. Sejak Dewan Keamanan PBB menemukan jalan buntu, diselenggarakanlah forum yang lebih kecil. Dalam forum itu, Kanada sebagai negara dengan kepentingan politik minimum, memiliki peran natural untuk bermain sebagai Komisi rahasia dan jujur. Peran para diplomat ini telah memberikan semangat dan efek yang besar.

Kanada memiliki keanggotaan yang kuat dalam organisasi internasional lainnya, Atlantic Treaty Organization. Tidak tepat juga mengatakan bahwa NATO sebagai organisasi internasional ideal untuk Kanada. Kanada masuk ke dalam persemakmuran Inggris dan perserikatan Amerika. Kanada memberikan kerangka sempurna dalam hal populasi yang relatif  kecil dan sumber penghasilan yang relatif besar dalam hubungannya dengan AS dan Inggris. Tetapi, di samping bergabung dengan kedua negara tersebut, masuk juga ke dalam keanggotaan Eropa, yang menjadikan Kanada memapu mengimbangi kekuatan dua anggota besar NATO tersebut. Alasan ini mendorong Kanada untuk banyak berpartisipasi dalam pendirian NATO dan berkontribusi relatif besar untuk mempertahankannya dari faktor-faktor yang dapat meruntuhkannya.*** Saturday, October 27, 2007

Sumber:

Dan Golenpaul Associates. 1957. Information Please Al Manac 1959.New York City: The Macmillan Company. Hal. 134

 

 

KANADA DALAM POLITIK DUNIA

Oleh: W. L. Morton

Kebijakan luar negeri Kanada mengambil arah baru setelah tahun 1945, dengan mengetengahkan dua konsep utama. Satu bahwa kekuatan industri Kanada tidak begitu kuat. Kanada menjadi Middle Power, dengan mengklaim tanggung jawab dan otoritasnya sebagai bagian dari the Great Power. Konsep Middle Power ini hanya sebagian saja yang dapat dijalankan dengan sangat baik. Validitasnya bergantung pada politik dunia dalam merespon perekonomian dan pengaruh diplomatik yang memperhatikan kekuatan militer. Atau, dalam hal lain, politik dunia lebih banyak menjadi politik kekuatan, yakni hanya menjalankan peran Middle Power. Tetapi dari tahun 1945 hingga 1956 muncul sejumlah peluang-peluang emas bagi politik Middle Power.

Kedua, setelah Perang Dunia II, Kanada tidak dapat mengisolasi diri seperti yang dilakukan sebelum tahun 1939 sebagai anggota the League of Nations (Liga Bangsa-Bangsa). Kanada menerapkan kebijakan baru, berkomitmen untuk memelihara keberadaannya di mata dunia. Pendek kata, seperti halnya Amerika Serikat, Kanada keluar dari isolasi.

Ketika Kanada selanjutnya dikukuhkan dalam the Charter of the United Nations, maka diagnosisnya terhadap sebab-sebab Perang Dunia II adalah karena kekuatan-kekuatan besar tidak mendukung the League of Nations melawan Hitler dan Mussolini. Cara untuk mencegah hal seperti ini, berarti harus mendirikan organisasi internasional superior dan mendukungnya.

Tetapi setelah tahun 1945, jelaslah sudah bahwa PBB juga tidak terlepas dari pengaruh kemenangan sekutu dalam peperangan, menjadikan Kanada harus lebih membatasi diri dan berkomitmen lebih spesifik.

Salah satunya adalah NATO. Dengan keanggotaannya, Kanada dinilai kurang berhasil dalam memanage kekuatan militernya. Ini merupakan indikasi yang jelas terhadap seberapa besar kekuatan-kekuatan itu telah mempengaruhi perubahan kebijakan luar negeri Kanada. Setidaknya, mayoritas bangsa Kanada adalah bagian dari bangsa Amerika yang secara tradisional dan mendalam telah menentang keterlibatannya dalam peperangan.

Tambahan pula, perkembangan kekuatan nuklir Rusia dan kemungkinan penyerangan terhadap Amerika Utara telah menghidupkan kembali komitmen Kanada lainnya. Ini terjadi sebelum Perang Dunia II yang hampir sudah terlupakan. Pada tahun 1940 di Ogdensburg dua Negara (yakni Kanada dan Amerika Serikat) mendirikan the Permanent Joint Defense Committee. Langkah ini bermula dari kepentingan pertahanan Amerika Utara.  Tetapi kesepakatan penyerangan trans-Arctic menghangatkan kembali suasana. Sehingga Kanada membangun pusat pertahanannya di Eropa Barat, yang dikukuhkan pada tahun 1945.***Sunday, October 28, 2007

Sumber:

Dan Golenpaul Associates. 1957. Information Please Al Manac 1959.New York City: The Macmillan Company. Hal. 135

 

BIOGRAFI PRESIDEN

Oleh: Fitzpatrick, Ford, Hughes dan Stephenson

GEORGE WASHINGTON

Lahir pada tanggal 22 Februari 1732 (11 Februari 1731/2) diWestmorelandCounty),Virginia. Pertamanya dia training sebagai surveyor, tetapi tahun 1752 dia diangkat menjadi ajudan di milisi Virginia, dan tiga tahun kemudian dia aktif dalam peperangan melawan Perancis dan Indian, berperan sebagai ajudan General Braddock dalam kampanye berbahaya melawan Fort Duquesne. Pada tahun 1759 dia behenti dari milisi, menikahi Martha Dandridge Custis, seorang janda, dan menenangkan diri sebagai petani di pegunungan Vernon.

Sebagai milisi, arrogansinya tereskpos sampai ke para perwira Inggris, dan pengalamannya sebagai pemilik perkebunan dengan pelarangan komersialisasi Inggris menambah sentimen anti Inggris. Dia menentang the Stamp Act of 1765 dan setelah 1770 menjadi semakin menonjollah dalam mengorganisir perlawanan. Seorang utusan untuk Continental Congress.Washingtonterpilih sebagai komandan dalam memimpin the Continental Army dan bertugas diCambridge, Massachusets, tanggal 3 Juli 1775.

Tidak hanya didukung, kadang-kadang secara sembunyi-sembunyi disabotase oleh Congress dalam memimpin pasukan yang tidak berpengalaman, perlengkapan kurang memadai dan ketidaksabaran dalam berdisiplin, Washington memimpin perang terhadap kebijakan menghindari kesepakatan dengan Inggris dan mengatasinya dengan taktik-taktik yang mengusik. Kepemimpinannya, selama dengan sekutu Perancis dan kebosanannya di Inggris, membawa kesimpulan untuk menghentikan perang dengan penyerahan Cornwallis di Yorktown pada tanggal 19 Oktober 1781.

Tahun-tahun semrawut di bawah the Articles of Confederation mendorongWashingtonuntuk kembali ke kehidupan publik dengan harapan dapat mempromosikan formasi pemerintahan pusat yang kuat. Dia memimpin the Constitusional Convention dan memperhatikan kebutuhan rakyat yang kelak dilayaninya ketika menduduki kursi presiden pertama. Dalam jabatannya itu dia hendak menyatukan bangsa dalam layanan pendirian otoritas pemerintah baru di dalam dan di luar negeri. Secara besar dirintangi oleh kemunculan persaingan Hamilton-Jefferson, dia hendak memelihara netralitas tapi sebenarnya lebih sejalan denganHamilton. Berdasarkan kebulatannya untuk mengikuti pemilihan lagi pada tahun 1792, masa keduanya didominasi the Federalist. Forewell Addresnya menentang pesta-pesta dan campur tangan luar negeri.

Dia wafat diMt.Vernonpada tanggal 14 Desember 1799. Tinggi, bermartabat dan mengesankan,Washingtonmemberi ketenangan kepada publik, juga dia mampu menghibur dirinya sendiri. Hidupnya disibukkan untuk mengurusi kepentingan rakyat.

Sumber:

Dan Golenpaul Associates. 1957. Information Please Al Manac 1959.New York City: The Macmillan Company. Hal. 530

JOHN ADAMS

Oleh: Morse dan Chinard

Lahir pada tanggal 30 Oktober (19 Oktober) 1735 diBraintree(sekarangQuincy),Massachusetts. Sebagai Alumnus Harvard, dia suka mengajar dan menjadi pendeta tetapi akhirnya kembali ke bidang hukum dan diakui sebagai pengacara pada tahun 1758. Dia menentang Stamp Act, berperan sebagai pengacara patriotis yang dituntut Inggris  dan Continental Congress, memimpin pergerakan kemerdekaan. Tahun 1778 dia berangkat ke Perancis sebagai komisaris. Selanjutnya dia membantu negosiasi perjanjian perdamaian dengan Inggris, dan pada tahun 1785 menjadi utusan AS keLondon. Berhenti pada tahun 1788, dia terpilih menjadi Wakil Presiden untukWashington, dan terpilih lagi tahun 1792.

Walaupun seorang Federalis, Adams tidak sejalan denganHamiltonyang telah memenangkan kursi kepresidenan tahun 1796, dan membangkitkan minatnya untuk menentang administrasinya. Adam terpilih oleh 71 suara atas pesaingnya, Thomas Jefferson, yang kemudian menjadi Wakil Presiden. Tahun 1798 kebijakan kebebasan Adam mencegah peperangan dengan Perancis, tetapi menambah komplek masalah denganHamiltondan menjadi seorang Federalis garis kanan, pada saat yang sama, undang-undang Alien dan Sedition Act, diarahkan menentang orang asing dan menentang kritik pemerintah, menjengkelkan oposisiJefferson. Terjadilah keretakan hubungan antara Adams danHamiltonyang terpilih  bersamaJeffersonpada tahun 1800. Adams berhenti dari pekerjaannya di rumahdi Quincy,Massachusetts. Kemudian dia bersama-sama denganJeffersondan mereka meninggal pada hari yang sama, 4 Juli 1826.

Gigih, sombong dan cepat marah,Adamsitu jujur, tidak penakut dan secara esensial dia bersikap adil. Defence of the Constitutons of Government of the United Statses-nya (1787) memiliki ide-ide politik konservatif yang murni dan mencolok. Dia menikahi Abigail Smith tahun 1764, mereka hidup bersama dan bahagia.

Sumber:

Dan Golenpaul Associates. 1957. Information Please Al Manac 1959.New York City: The Macmillan Company. Hal. 530

 

THOMAS JEFFERSON

Oleh: Chinard, Bowers, Kimball, Randall dan Malone

Lahir pada tanggal 13 April (2 April) 1743 di Shadwell di Goochland (sekarangAlbemarle) County, Virginia. Sebagai Alumnus William and Mary, dia belajar hukum tapi memulai aktivitasnya dari sains dan filsafat. Kemampuan kesusasteraan dan kemurnian politiknya membawa dia menuju baris terdepan dan pergerakan revolusioner di Virginia. Sebagai delegasi ke Continental Congress, dia merancang Declaration of Independence. Tahun 1776 dia memasuki Virginia House of Delegates dan merintis program reformasi komprehensif untuk abolisi kehidupan feodal dalam pendudukan tanah dan pemisahan gereja dan Negara.

Tahun 1779 dia menjadi gubernur, tapi keterbatasan konstitusional pada kekuasaanya menyatu dengan  kekurangan kekuatan eksekutifnya menyebabkan administrasi kurang memuaskan, mengarah pada penurunan kredibilitas Jefferson ketika Inggris menyerangVirginiatahun 1781. Sekarang dia kembali ke rumahnya yang indah di Monticello, ke isterinya, Martha Wayles Skelton, yang dia nikahi tahun 1772 dan yang meninggal tahun 1782, selanjutnya kembali kepada anak-anaknya.

Notes on Virginia Jefferson (1784-85) menggambarkannya  banyak kepenasaran, intelektualnya tinggi dan keyakinannnya kuat pada demokrasi agraria. Mengikuti Congress tahun 1783, dia membantu penetapan sistem desimal dan merancang laporan-laporan utama pada organisasi pertanahan sebelah barat. Tahun 1785 dia terpilih untuk menghadapi Perancis, di mana liberalisme Anglo-Saxon telah dia dapatkan gambarannya dari Locke yang dirangsang dengan gejolak paham tersebut dalam revolusi Perancis. Tahun 1789Washingtonmengangkatnya sebagai Menteri Luar Negeri. Sementara dukungannya terhadap konstitusi dan kekuatan pemerintahan pusat, Jefferson meyakini bahwaHamiltonmerenungkan pendirian kerajaan. Munculnya perbedaan paham tersebut mengantarkan pengunduran diriJeffersonpada tanggal 31 Desember 1793.

Wakil Presiden terpilih tahun 1796,Jeffersonmelanjutkan perjuangannya sebagai pemimpin oposisi agamis terhadap Federalisme, terutama menindas Alien and Sedition Act. Dia terpilih menjadi presiden tahun 1801 oleh House of Representative sebagai hasil keputusanHamiltonmengalahkan suara Federalis Aaron Burr. BelianLouisianadari Perancis tahun 1863, walaupun awalnya dianggap melanggar konstitusi, tapi kemampuan administrasinya sangat bagus. Terpilih lagi tahun 1804 dengan 162 suara, unggul 14 suara dari Federalis Charles C. Princkney, Jefferson secara terpisah mencoba kesempatan keduanya untuk menjaga AS dari Napoleonic Wars di Eropa, dengan menerapkan kebijakan embargo untuk mengakhiri peperangan tersebut.

Setelah kembalinya keMonticellotahun 1809, dia mengembangkan ketertarikannya pada pendidikan,mendirikanUniversityofVirginiadan memonitor perkembangannya dengan tidak mengenal lelah. Dia meninggal diMonticellopada tanggal 4 Juli 1826. Tinggi, lemas lentur, pembela rakyat,Jeffersonmemiliki daya tarik dan kemampuannya yang sangat banyak, mulai dari pendidikan dan sains hingga arsitektur dan musik. Secara ekonomi konsep demokrasinya menggambarkan komunitas pedesaan yang bebas; tetapi keyakinannya yang mendalam dan tidak pernah berkurang bahwa orang biasa ini bisa menjadi inspirasi untuk generasi-generasi selanjutnya.

Sumber:

Dan Golenpaul Associates. 1957. Information Please Al Manac 1959.New York City: The Macmillan Company. Hal. 530

JAMES MADISON

Oleh: Hunt, Brant dan Rives

Lahir di Port Conway, Virginia, pada tanggal 16 Maret 1751 (5 Maret 1750/1). Sebagai Alumnus Princeton, dia bergabung untuk memperjuangkan kemerdekaan saat kembalinya keVirginiatahun 1771. pada abad tujuh puluh dan delapan puluhan dia aktif dalam politik nasional, di mana dia telah memperjuangkan program reformasiJefferson, dan pada Continental Congress. Dia berpengaruh pada Constitutional Convention sebagai pemimpin kelompok pendukung pemerintahan pusat yang kuat dan sebagai pencatat berbagai debat; dan kemudian dia menulis kolaborasi Alexander Hamilton dan John Jay, makalah-makalah tentang Federalis untuk membantu kampanye adopsi Constitution.

Pada Congress baru,Madisonsegera amuncul sebagai pemimpin the Hosue of the Men yang menentang program finasialHamiltondan kecenderungan pro-Inggris dalam kebijakan luar negerinya. Berhenti dari Congress tahun 1797, dia terus aktif di Virginia dan membangunVirginia. Resolution memprotes Alien and Sedition Act. Kesamaannya denganJeffersonmembuatnya terpilih menjadi Menteri Luar Negeri tahun 1801.

Tahun 1809MadisonmensukseskanJeffersonsebagai Presiden, dengan 122 suara, lebih unggul 47 suara dari Federalis C. C. Pinckney dan 6 suara abstain. Isterinya yang menarik, Dolly Payne Todd, yang dia nikahi tahun 1794, membawa pembelaan sosial baru menuju rumah besar eksekutif. Dalam hal ini, menambah ketegangan dengan Inggris yang berpuncak pada peperangan tahun 1812-sebuah peperangan yang mana AS tidak mempersiapkannya, danMadisontidak memiliki bakat eksekutif untuk membedakan pertahanan bangsa yang tepat dan tidak tepat. Madison terpilih lagi tahun 1812, dengan 128 suara, unggul 89 suara dari Federalis, De Witt Clinton. Tahun 1814 Inggris benar-benar menangkapWashingtondan menekanMadisonuntuk pergi keVirginia.

Dalam program domestiknya,Madisonmenyerah kepada kebijakanHamiltonyang telah ditentangnya selama 20 tahun, menandatangani program, pendirian United States Bank dan tarif yang lebih tinggi. Setelah berhenti dari kepresidenannya, dia memilih kembali keVirginiahingga wafat pada tanggal 28 Juni 1836. Kecil, kisut, tidak menarik,Madisonmemiliki intelegensi politik yang tinggi tapi tidak memiliki kekuatan eksekutif.

Sumber:

Dan Golenpaul Associates. 1957. Information Please Al Manac 1959.New York City: The Macmillan Company. Hal. 531

JAMES MONROE

Oleh:

Morgan, Gilman dan Styron

Lahir pada tangal 28 April 1758 diWestmoreland County,Virginia. Sebagai alumnus William dan Mary, dia bergabung dalam militer selama tahun pertama revolusi dan terluka diTrenton. Kemudian dia masuk politikVirginiadan selanjutnya politik nasional di bawah dukunganJefferson. Tahun 1786 dia menikahi Eliza Kortright.

Khawatir terhadap sentralisasi,Monroemenentang adopsi Constitution dan sebagai senator dariVirginia, mengkritik pedas terhadap programHamilton. Tahun 1794 dia terpilih menjadi duta besar ke Perancis di mana dia sangat bersimpati terhadap Revolution disbanding terhadap program State Department (Departemen Luar Negeri). Karir diplomatic yang gagal berakhir dengan pemanggilannya kembali tahun 1796. Dari 1799 hingga 1802 dia menjadi gubernurVirginia. Tahun 1803 Jefferson mengirimnya ke Perancis untuk membantu negosiasi terhadapLouisiana Purchasedan selama beberapa tahun berikutnya dia aktif dalam berbagai negosiasi konstitusional.

Tahun 1808Monroebergabung dengan sayap partai Republik radikal, yang menentang pencalonanMadison; tetaoi kepresidenan kembali ke nol, dan setelah berhenti sebagai gubernurVirginiatahun 1811,Monroemenerima tawaranMadisonmemegang amanah Departemen Luar Negeri. Selama perang dia gagal memegang komando lapangan dan menjadi Secretary of War dari September 1814 hingga Maret 1815.

Presiden terpilih tahun 1816 dengan 183 suara, unggul 34 suara dari Federalis Rufus King, dan terpilih kembali tanpa oposisi tahun 1820, Monroe, dinasti Virginia terakhir, melakukan penenangan sistematis dengan nama “the era of good feeling”. Dia melanjutkan penyerahan Madison ke proram domestic Hamilton, ditandatangani Missouri Compromise, mendapatkan Floride dan dengan bantuan Secretary of State-nya, John Quincy Adams, menyebarluaskan Monroe Doctrine tahun 1823, mendeklarasikan penentangan terhadap kolonialisasi dan intervensi luar negeri di Amerika. Dia meninggal diNew York Citytanggal 4 Juli 1831.

Laki-laki bersuara sedang,Monroememiliki ide-ide cemerlang, lebih baik dari kepemimpinannya.

Sumber:

Dan Golenpaul Associates. 1957. Information Please Al Manac 1959.New York City: The Macmillan Company. Hal. 531

JOHN QUINCYADAMS

Oleh:

Morse danClark

Lahir  pada tanggal 11 Juli 1767 diBraintree(sekarangQuincy),Massachusetts, anak laki-laki dari John Adams. Dia menghabiskan masa mudanya di Eropa bersama ayahnya, lulus dari Harvard dan terjun ke dalam hokum praktis. Artikelsuratkabar anti Jeffesron-nya mengundang perhatian politik padanya. Tahun 1794 dia menjadi duta besar ke Belanda, tempat pertama dari beberapa tempat diplomatic yang dia tempati hingga kembali keBostontahun 1801. pada tahun 1797 dia menikahi Louisa Catherine Johnson.

Tahun 1803 dia terpilih menjadi anggota senat, secara nama dia sebagai Federalis, tapi pada isu seperti itu mengulang lagi perjuangan kemerdekaannya sebagai Louisiana Purchase dan pemberlakuan embargo yang menyebabkan partainya mendorong pengunduran dirinya dan dia mengasingkan diri dari masyarakat. Tahun 1809 Madiosn memberi penghargaan atas dukungannya terhadap Jefferson dengan menunjuknya sebagai duta besar keSt. Petersburg. Dia membantu negosiasi Treaty of Ghent tahun 1814 dan tahun 1815 menjadi duta besar ke London. Tahun 1817Monroemengangkatnya sebagai Menteri Luar Negeri di mana dia  berkiprah dengan tujuan besar, mendapakanFloridadari Spanyol tanpa permusuhan dan bermain bersama-samaMonroedalam merumuskan Monroe Doctrine.

Ketika tidak ada kandidat presiden yang mendapa suara mayoritas pada pemilu 1824, Adams, dengan dukungan Henry Clay terpilih oleh the House tahun 1825 mengungguli Andrew Jackson yang memiliki suara asli terbanyak setelahAdams.Adamsmemiliki rencana ambisius pada aktivitas pemerintahannya untuk menembangkan perbaikan internal dan mempromosikan seni dan sains; tetapi hambatan kongres melengkapi ketidakberminatan dan ketidakmampuan untuk memerankan makna seorang politisi. Kembali keQuincysetelah penaklukannya tahun 1828, dia terpilih ke dalam the House of Representatives tahun 1831, walaupun secara nama seorang Whig, dia mengedepankan makna kemerdekaan. Dia memimpin memperjuangkan Congress untuk menerima anti perbudakan dan menjadi ayah Smtihsonian Institution.

Menabrak lantai the House, dia meninggal tanggal 23 Februari 1848. tidak bijaksana, kasar, hati-hati, bersahaja, pendebat ganas,Adamstidak memandang dirinya maupun musuhnya. Diary yang panjang dan detailnya memberi gambaran unik tentang kepribadian dan politik saat itu.

Sumber:

Dan Golenpaul Associates. 1957. Information Please Al Manac 1959.New York City: The Macmillan Company. Hal. 532

ANDREW JACKSON

Oleh:

James, Bassett dan Parton

Lahir pada tanggal 15 Maret 1767di Waxhaw,South Carolina. Setelah masa kanak-kanak suram sebagai yatim dan tawanan Inggris, doa pindah ke barat menujuTennesseedi mana dia segera terjun dalam hokum praktis tapi terbatas dengan kesenangannnya seperti balap kuda, lomba masak dan perang pistol-pistolan. Pernikahannya dengan Rachel Donelson Robards tahun 1791 diwarnai ketidaktentuan legalitas perceraiannya. Selama tujuh belas-sembilan puluhanJacksonbergabung dalam konvensi konstitusiTennessee, the House of Representative federal, Senate federal dan Mahkamah Agung Tunnessee.

Setelah beberapa tahun sebagai pria desa tinggal di Hermitage dekat Nashville, Jackson tahun 1812 diberi perintah memimpin pasukan Tennessee melawan Creek. Dia mengalahkan Indian di Horseshoe Bend tahun 1814; selanjutnya dia menjadi mayor jenderal dan memenangkan the Battle of New Orleans mengalahkan Veteran tentara Inggris walaupun setelah perjanjian damai itu baru ditandatangani di Ghent. Tahun 1818 General Jakcson  menyerbu Floride, merebut Fensacola dan menggantung dua laki-laki kebangsaan Inggris bernama Arbuthnot dan Ambrister, sebagai sebuah insiden internasional. Posisi kepresidenan jatuh kepadanya tahun 1821 dan dalam pengabdiannya mengembalikan dia ke Senate (1823-25). Walaupun dia memenangkan suara terbanyak pada pemilu 1824, dia meninggalkan the House ketka Clay menyerahkan kekuatannya kepadaAdams; dengan mudah dia memenangkan 178 suara pada pemilu 1828, unggul 83 dari pesaingnya.

Sebagai presiden, Jackson dengan gencar memperkuat kekuatannya dan wibawa kepresidenannya dan mempersembahkan program baru dari reformasi dalam negeri, memveto program perluasan United States Bank, menuju kebijakan keuangan yang kuat dan mengecek program perbaikan internal federal. Dia juga mempertahankan otoritas federal menentangSouth Carolinadengan doktrin nulifikasi dan melawan Perancis pada permasalahan utang. Dukungan yang diberikan para pekerja Timur padanya sebaik para petani Timur, barat dan Selatan yang berpuncak pada keunggulannya karena terpilih lagi tahun 1832 mengalahkan Clay dengan 219 suara, unggul 49 suara dari pesaingnya, 18 abstain dan 2 tidak sah.

Setelah menghadiri pelantikan tim suksenya, Martin Van Buren,Jacksonkembali ke Hermitage di mana dia mengembangkan minatnya pada urusan nasional hingga kematiannya tanga 8 Juni 1845. tinggi, pria bermartabat ini berwajah lesu dan kisut, dia diberkati oleh partisannya para ahli sejarah atas kehebatan dan sifat berang yang dia miliki. Dia berkontribusi besar terhadap manajemen kepresidenan dan doktrin demokrasiJeffersonpada situasi baru yang disebabkan oleh Revolusi Indusitri.

Sumber:

Dan Golenpaul Associates. 1957. Information Please Al Manac 1959.New York City: The Macmillan Company. Hal. 532

MARTIN VAN BUREN

Oleh:

Shepard dan Lynch

Lahir pada tanggal 5 Desember 1782di Kinderhook,New York. Setelah lulus dari sekolah perkampungan, dia menjadi juru tulis hokum tahun 1803 dan segera aktif dalam politik Negara sebagai senator dan pengacara. Pada tahun 1821 dia terpilih ke dalam United States Snate. Dia mendukung organisasi politiknya, yang dikenal sebagai Albany Regency, bersama-sama William H. Crawford tahun 1824 dan bersama jakcson tahun 1828. setelah memimpin untuk menentan administrasi Adamss di Senate, dia berperan sebagai gubernurNew Yorkdan kembali menjadi Menteri Luar Negeri Jackson. Dia segera menjadi dekat denganJacksondan berperan penting untuk mengembalikan program Jakcson dari para penguasa sebelah baras asli.

Tahun 1832 Van Buren menjadi Wakil Presiden; tahun 1836, terpilih lagi menjadi presiden dengan 170 suara, ungul dari pesainnya yang mendapatkan 124 suara. Kepanikan tahun 1837 menghubungkannya dengan pembengkakan kredit dan mendorong terwujudnya kemandirian seperti pendirian gedung untuk makanan federal. Tahun 1840 dia merancang hari 10 jam untuk pekerjaaan public. Dikalahkan oleh Harison tahun 1840, dia mengalahkan lawan untuk nominasi Democratic tahun 1844 hingga dia menentang pencaplokan Texas dan  segera dikalahkan oleh delegasi sebelah selatan konvensi Baltimore. Insiden ini menambah kekhawatirannya tentag kekuatan budak.

Setelah bekerja di belakang suasn anti perbudakan Democrats, Van Buren bergabung dalam pergerakan memimpin partai Free-Soll dan menjadi kandidat presidennya tahun 1848. Kemudian dia kembali ke partai Democratic sementara dia tetap meneruskan perhatiannya pada kebijakan pro-Selatan-nya. Dia menggal di Kinderhook tanggal 24 Juli 1862. Autobiografinya sangat berharga bagi sejarah politik waktu itu.

Kecil, tegak, rap, Van Burren memiliki reputasi untuk berpolitik hingga dua menerima julukan the Little Magician dan the Red Fox of Kinderhook; tapi karisma berikutnya, dia mampu menangani isu-isu politik yang dahsyat. Iseterinya Hannadh Hoes, dia nikahi tahun 1807, meninggal tahun 1819.

Sumber:

Dan Golenpaul Associates. 1957. Information Please Al Manac 1959.New York City: The Macmillan Company. Hal. 533

WILLIAM HENRY HARRISON

Oleh:

Cleaves dan Goebel

Lahir di Chares City County, Virginia, tanggal 9 Februari 1773, bergabung dalam militer tahun 1791, dia aktif dalam perjuangan Indian di Northwest, menjadi sekretaris Northwest Territory tahun 1798 dan gubernur Indiana tahun 1800. Dia menikahi Anna Symmes tahun 1795. Muncul ketidakpuasan pada tanah Indian berlanjut ke formasi aliansi Indian di bawah Tecumseh untuk menentang agresi-agresi lebih lanjut. Tahun 1811 Harrison memenangkan kemenangan nasional atas Indian di Tippecanoe dan tahun 1813 lebih tegas menentang peperangan Thames, di mana Tecumseh terbunuh.

Setelah berhenti dari kemiliteran tahun 1814, Harrison memilih karir yang tidak jelas dalam politik dan diplomasi, menghabiskan 20 tahun di wilayahOhio. Dinominasikan sebagai presiden tahun 1835, sebagai pahlawan militer yang para politikus konservatif berharap menjadi tumpuannya, dia secara menakjubkan menentang Van Baren tahun 1836. Empat tahun berikutnya dia mengalahkan Van Baren dengan kemenangan 234 suara, unggul 60 dari pesaingnya, tapi dia terserang paru-paru dan meninggal di Washington satu bulan setelah pelantikannya tanggal 4 April 1841. Kualitas Harison sebagai tentara lebih baik dari pada sebagai negarawan atau politisi.

Sumber:

Dan Golenpaul Associates. 1957. Information Please Al Manac 1959.New York City: The Macmillan Company. Hal. 533

JOHN TYLER

Oleh:

Chitwood danTyler

Lahir diCharles City County,Virginia, tanggal 29 Maret 1790. Alumnus William and Mary, dia masuk ke dalam hukum dan politik praktis di House of Representatives (1816-21) dan kemudian menjadi gubernurVirginia(1825-27), dan sebagai senator. Sebagai seorang konstruksionis yang gigih, dia mendukung Crawford tahun 1824 danJacksontahun 1828 tapi berhenti dari anggota Southern State-right group yang bekerja sama dengan Whigs. Tahun 1836 dia berhenti dari Senate dan mengikuti instruksiVirginialegislature untuk menyuarakan penghapusan pencelaan resolusiJacksondari Senate.

Terpilih menjadi Wakil Presiden pada Whig tahun 1840,Tylerberhasil menuju kepresidenan setelah kematianHarrison. Pandangan-pandangan konstruksionis kerasnya menyebabkan kerenggangan dengan sayap Henry Clay dari partai Whig dan terhambat pada permasalahan dalam negeri. Keberhasilan Tyler adalah dukunganya terhadap Webster Ashburton Treaty dengan Inggris dan kesuksesannya dalam penghapusan pencapaianTexasmelalui resolusi kongres. Setelah dari kepresidenannya dia tinggal diVirginiahingga pecah Perang Sipil ketika dia berperan sebagai ketua konvensi damai dan kemudian sebagai delegasi Congress of the Confederacy sementara. Dia wafat pada 18 Januari 1862. Dia nikah pertama dengan Letitia Christian bulan Maret 1813 dan dua tahun kemudian setelah kematian isterinya tahun 1842, menikah lagi dengan Julia Gardiner. Humoris, ramah, sopan,Tyleradalah laki-lakiVirginiayang kepresidenannya dilumpuhkan dengan ide-idenya yang kontradiktif dengan haluan partai yang mendukungnya sebagai calon tunggal Wakil Presiden.

Sumber:

Dan Golenpaul Associates. 1957. Information Please Al Manac 1959.New York City: The Macmillan Company. Hal. 533

JAMES KNOX POLK

Oleh: McCormac

Lahir diMecklenburg County,North Carolina, tanggal 2 Nopember 1795.AlumnusUniversityofNorth Carolina, dia pindah ke baratTennessee, diakui sebagai pengacara dan kemudian ebih fokus dalam poitik negara. Tahun 1825 dia terpilih ke dalam House of Representatives di mana dia menentang Adam dan setelah tahun 1829 menjadi pejabat terasJacksondalam berjuang melawan the Bank. Tahun 1835 dia terpilih menjadi gubernurTennesseetapi kalah pada pencaonan lagi tahun 1841 dan 1843.

Parapendukung Van Buren untuk nominasi Democratic tahun 1844 dikalahkan Polk sebagai rekan seperjuangannya; tetapi, ketika keberadaan Van Buren di Texas mengalihkan dukungan Southern, konvensi beralih ke Polk. Dia terpilih mengungguli Henry Clay, caon the Whig, unggu 170 suara dari pesaingnya yang mendapat 105 suara. Segera kekecewaan itu menjadi palajaran bahwa dia tidak akan menjalankan manajemennya. Polk berproses terus dan yakin untuk mendapatkan empat hal—pendapatan dariCalifornia, penyelesaian permasalahanOregon, reduksi bea dan pendirian badan keuangan independen. Dia juga menyebarkan Mouroe Doctrine untuk menghapuskan semua intervensi non Amerika dalam urusan-urusan Amerika apakah dengan kekerasan atau tidak, dan dia memaksaMexicoterlibat dalam peperangan yang dia danai. Isterinya Sarah Childress, yang dia nikahi tahun 1824, adalah wanita luwes dan cakap. Polk meninggaldi Nashville,Tennesseepada tanggal 15 Juni 1849.

Serius, pekerja keras, tidak menarik, Polk diremehkan oleh para sejarawan yang keliru hingga menjulukinya sebagai budak; padahal, sedikit presiden yang memiliki manajemen kontro dan pandai mengatur rencana. Diary Polk menggambarkan suasana hati dan permasalahan-permasalahan kepresidenannya.

ZACHARY TAYLOR

Oleh:

Hamilton, Bent dan McKinley

Lahir di Montebello,Orange County,Virginia, tanggal 24 November 1784. memulai karir militer tahun 1808,Taylorberjuang dalam perang 1812, Black Hawk War dan Seminoe War, memegang komando perbatasankotawashington. Mendapatkan pangkat brigadir jenderal atas kemenangannya dalam perang Seminoles diLake Okeechobee(1837).Taylorsukses dalam komandonya di Southwestern dan tahun 1846 mendirikan pangkalan diRio Grande. Mengadakan perlawanan dalam perang diMexico. Dia menaklukanMonterreypada September 1846 dan mengabaikan perintah Polk untuk bertahan, mengalahkan Santa Anna di BuenaVistabuan Februari 1847, mengakhiri peperangan di propinsi sebelah utara.

Meskipun Tayir tidak pernah merencanakan untuk menjadi kandidat presiden, karena permasalahan di partainya Whiggish dan posisinya yang dipersulit karena hubungannya dengan Polk. Dia terpilih juga menjadi presiden dengan 163 suara mengungguli pesaingnya Democrat Lewis Cass yang meraih 127 suara. Selama muncunya kembali kontroversi perbudakan tahun 1850, Taylir mulai menenangkan South; tetapi dia wafat di Washington tangga 9 Juli 180 ketika menghadiri the Compromise. Dia menikhai Margaret Mackall Smith tahun 1810. atas prestasi komandonya yang menggertak dan sederhana dia mendapatkan gelar Old Rough and Ready. Selama kepemimpinannya menjadi presiden dia menampilkan pandangan manju terhadap persoalan-persoalan politik.

MILLARD FILLMORE

Oleh:

Griffis

Lahir di Locke,Cayuga County,New York, tanggal 7 Januari 1800. Seorang pengacara, dia masuk ke dalam politik sebagai seorang Antimason do bawah dukungan Thurlow Weed, editor dan ketua partai, dan kemudian mengikuti Weed dalam partai Whig. Dia menjabat di the House of Representatives (1833-35 dan (1837-43) dan memimpin adminitrasi perpajakan tahun1842. menjadi gubernurNew Yorktahun 1844, dia menjadi pengawas keuangan tahun 1848, dicalonkan Whig bersamaTayloruntuk kemudahan sayap partai Clay dan menjadi Presiden seteah kematianTaylortahun 1850.

Sebagai Presiden Fillmore berseteru dengan Weed dan Wiliam H. Seward dan bergabun dengan pro-Southern Whigs, mendukung the Compromise tahun 1850. Memenangkan nominasi Whig tahun 1852. Dia menjadi kandidat presiden 1836 dari partai American or Know-Nothing, yang bersikeras untuk mengatasi permasalahan-permasalahan perbudakan. Fillmore menentangLincolnselama Perang Sipil. Dia wafat diBuffalotangga 8 Maret 1874. Dia menikah tahun 1826 dengan Abigail Powers yang meninggal tahun 1853, dan tahun 1858 dengan Caroline Carmichael McIntosh. Sopan, ramah, tidak menarik dan lemah, Fillmore adalah seorang Presiden yang terkemuka.

FRANKLIN PIERCE

Oleh: Nichols

Lahir di Hillsboro,New Hampshire, tanggal 23 November 1804. Alumnus Bowdoin dan pengacara, dia menguasai perkembangan politik dalam partai Democratic, salah satunya karena kewibawaan ayahnya, Gubernur Benjamin Pierce. Tahun 1831 dia menjadi juru bicara House of Representative New Hampshire; dari tahun 1833 sampai 1837 dia mengabdi di the Federal House dan dari tahun 1837 sampai 1842 di the Senate. Isterinya, Jane Means Appleton, yang dia nikahi tahun 1834, tidak menyukai Washington dan seluruh kehidupannya bergantung kepada Pierce; dan tahun 1842 Pierce berhenti dari the Senate, menggeuti hukum praktisnya denan sukses di Concord, New Hampshire.

Selama Mexican War, Pierce menjadi brigadir jenderal. Jadi dia melanjutkan penentangannya anti perbudakan dalam partai Democratic. Sebagai keberhasilannya, dia menjadi calon Southern untuk menyelesaikan konvensi Democratic tahun 1852. Pierce memenangkan 254 suara, unggul 42 suara atas Winfield Scott, calon Whig.

Sebagai presiden, Pierce melanjutkan pelajaran-pelajaran yang diambil dri South untuk urusan dalam negeri dan melakukan ekspansi teritorial ke luar negeri. Kegagalan dari kebijakan dalam dan luar negerinya itu menghambat pencalonannya kembali; dan dia wafat diConcord,New Hampshire, tanggal 8 Oktober 1869. Seorang yang ramah dan sopan, Pierce itu lemah, mudah tersinggung dan kurang berkualitas dalam menata kepresidenannya.

JAMES BUCHANAN

Oleh: Curtis

Lahir di dekatMercerburg,Pennsylvania, tanggal 23 April 1791. AlumnusDickinsondan seorang pengacara, dia masuk politikPennsylvaniasebagai Federalist. Dengan menghilangnya dari partai Federalist, dia menjadi seorang Jakcsonian Democrat. Dia mengabdi di the House (1821-23) dan di the Senate (1834-45), dan tahun 1845 menjadi Menteri Luar Negeri Polk. Kegagalannya menjadi presiden tahun 1852, Buchanan menjadi Duta Besar untuk nggris tahun 1853 di mana dia berpartisipasi dengan para diplomat Amerika lainnya di Eropa dalam merencanakan Expansi Ostend Manifesto.

Tahun 1856 Buchanan menerima nominasi Democratic dan memenangkan pemilu dengan 174 suara, unggul dari pesaingnya John C. Fremon yang meraih 114 suara, kandidat Republik, dan unggul 8 suara dari Millard Fillmore, partai Amerika. Perkembangan krisis perbudakan menjadi masalah bagi Buchanan yang tidak cakap mengatasinya. Pengalamannya dari the South mengalahkan sayap the Stephen Douglas dari partai Democratic tanpa mengurangi militansi Southern pada isu-isu perbudakan. Sementara selain menentang dari pengunduran diri, Buchanan juga menentang pemerintahan yang mengklaim telah mampu permasalahan perbudakan. Dia mempertahankan manajemennya itu selama Perang Sipil dan wafatdi Lancaster,Pennsylvania, tanggal 1 Juni 1868.

Hanya dia Presiden yang masih bujangan di masanya, Buchanan mengangkat kemenekan perempuannya yang mempesonaHarriet Lanesebagai pelayan White House. Legalistik, tidak tegas, Buchanan mengisi jabatan-jabatan lainnya dengan cakap.

Terjemahan komarudin tasdik

4 responses to “KANADA

  1. Pingback: Stamp Duty Information: | Stamp Duty: Why Pay It?

  2. If you are serious and want to earn serious money online with your website, watch this free video to discover the secret system to do that at http://easyprofitbot2.com/

  3. Hi, watch this free presentation how to build over 100k backlinks and drove over 500k targeted visitors from free traffic to your sites http://rankbuilder2.net/ Dominate your competitors now

  4. After reading your blog post I browsed your website a bit and noticed you aren’t ranking nearly as well in Google as you could be. I possess a handful of blogs myself and I think you should take a look here: http://dominateseowithwordpress.com You’ll find it’s a very nice tool that can bring you a lot more visitors. Keep up the quality posts

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s