KREASI PENGETAHUAN DAN ARSITEKTUR MANAJEMEN PENGETAHUAN

Slide 1: KREASI PENGETAHUAN DAN ARSITEKTUR MANAJEMEN PENGETAHUAN

https://komarudintasdik.wordpress.com

Perkuliahan Tiga

(Bab 3, Notes; Bab 4, Textbook)

Slide 2: Review Perkuliahan Dua

  • Tantangan dalam Membangun Sistem KM
  • Membandingkan KMSLC dan CSLC
  • Knowledge Management System Life Cycle (8 tingkatan)

Slide 3: Topik Hari Ini

  • Kreasi dan Berbagi Pengetahuan
  • Infrastruktur Pengetahuan
  • Arsitektur Manajemen Pengetahuan
  • Build versus Buy Decision
  • Keputusan Membangun versus Membeli

Slide 4: Kreasi Pengetahuan

  • Aktivitas dinamis yang bisa meningkatkan kesuksesan organisasi dan ekonominya
  • Pengemudi inovasi
  • Mencakup perolehan, seleksi, menghasilkan dan berbagi pengetahuan
  • Maturasi – menerjemahkan pengalaman ke dalam pengetahuan

Slide 5: Rintangan Berbagi Pengetahuan

  • Compensation (konpensasi)
  • Recognition (pengakuan)
  • Ability utilization (memanfaatkan kemampuan)
  • Creativity (kreativitas)
  • Good work environment (lingkungan kerja yang baik)
  • Autonomy (otonomi)
  • Job security (keselamatan kerja)
  • Moral values (nilai moral)
  • Advancement (kemajuan)
  • Variety (keanekaragaman)
  • Achievement (prestasi)
  • Independence (kebebasan)
  • Social status (status social)

Lihat slide tentang bagannya!

Slide 6: Model Kreasi dan Transformasi Pengetahuan Nonaka

Tacit ke Tacit(sosialisasi)

Contoh: Pertemuan individu dan/atau tim

Tacit ke Eksplisit(internalisasi)

Contoh: Mendokumentasikan sesi pengungkapan pendapat

Eksplisit ke Tacit(internalisasi)

Contoh: Belajar dari laporan dan menyimpulkan ide-ide baru

Eksplisit ke Eksplisit(kombinasi)

Contoh: Membuat website dari suatu bentuk pengetahuan eksplisit

Slide 7: Infrastruktur Pengetahuan

  • Inti manusia: Mengevaluasi profil pegawai
  • Inti Isi: Mengidentifikasi pusat-pusat pengetahuan
  • Inti teknis: Teknologi total yang dibutuhkan untuk mengoperasikan lingkup pengetahuan

Slide 8: Mengidentifikasi Pusat Pengetahuan

Lihat slidenya!

Slide 9: Tahapan KMSLC

  • Mengevaluasi infrastruktur yang ada
  • Membentuk tim KM
  • Menangkap pengetahuan
  • Mendesain KM blueprint
  • Memverifikasi dan memvalidasi sistem KM
  • Mengimplementasikan sistem KM
  • Memenej perubahan dan reward structure
  • Evaluasi post-system

Lihat slide untuk lengkapnya!

Slide 10: Layer Arsitektur KM

Lihat slidenya

Slide 11: Antarmuka Pengguna (Layer 1)

  • Desain antarmuka pengguna fokus pada konsistensi, relevansi, kejelasan visual, navigasi, dan kegunaan

Slide 12: Kontrol Akses yang Sah

  • Publik (Internet)
    • Berita/peristiwa
    • Pemasaran
    • E-commerce
    • Karir
  • Perusahaan (Intranet)
    • Informasi sumber daya manusia
    • Informasi produksi
    • Informasi penjualan
    • Perencanaan strategis
  • Klien [supplier, vendor, partner, pelanggan] (ekstranet)
    • Informasi produk
    • Informasi penjualan
    • Kolaborasi/kerja sama

Lebih lengkap lihat slidenya!

Slide 13: Kecerdasan kolaboratif dan filterisasi

  • Pandangan personal berdasarkan pengetahuan yang disimpan
  • Groupware memfasilitasi interaksi dan diskusi yang sinkron dan yang tidak
  • Agen cerdas mereduksi waktu pencarian untuk informasi yang dibutuhkan

Slide 14: Aplikasi Berbasis Pengetahuan

  • Mengacu kepada value-added layer
  • Membuat target yang kompetitif untuk organisasi pembelajaran
  • Menyediakan basis pengetahuan, basis data diskusi, tool otomatisasi, dll.
  • Tujuan akhir: menampilkan bagaima berbagi pengetahuan dapat meningkatkan motivasi karyawan

Slide 15: Transport Layer (Layer 5)

  • Layer sangat teknis untuk diimplementasikan
  • Mencakup LAN, WAN, intranet, extranet, dan internet
  • Menjamin bahwa perusahaan akan menjadikan jaringan relasi
  • Mempertimbangkan multimedia, URL, grafik, kecepatan konektivitas, dan bandwidths

Slide 16: Middleware (Layer 6)

  • Fokus pada menghubungkan sistem warisan dan program yang berada pada platform lain
  • Designer harus mengalamatkan basis data dan aplikasi dengan antarmuka sistem KM
  • Membuatnya mungkin berkoneksi antar format data baru dan lama

Slide 17: Repositori Fisik

  • Layer bawah dalam arsitektur KM
  • Merepresentasikan later fisik di mana repository diinstal
  • Mencakup data warehouse cerdas, aplikasi warisan, basis data operasional, dan aplikasi khusus untuk manajemen keamanan dan traffic

Slide 18: Build In-House, Buy, or Outsource?

  • Trend menuju siap guna, paket perangkat lunak yang digeneralisir
  • Outsourcing juga adalah trend, membebaskan desain teknologi ke orang luar
  • Tidak memperhatikan pilihan, penting untuk memasang kriteria seleksi
  • Pertanyaan siapa yang memiliki sistem KM harus benar-benar dipertimbangkan

Slide 19: Akhir Perkuliahan Tiga

Slide 20: Latihan Diskusi di dalam Kelas

  • Asumsikan anda adalah orang yang bertanggung jawab untuk membuat keputusan proyek KM
  • Bagaimana anda akan memutuskan membuat atau membeli?
  • Berdasarkan elemen-elemen kunci bandingkan, dan
  • Keadaan terbaru dari kesiapan organisasi anda (berpikir dengan istilah maturitas dalam layer-layer arsitektur KM)

Slide 21: Tantangan dalam Membangun Sistem KM

  • Budaya

— mendapatkan orang untuk berbagi pengetahuan

  • Evaluasi Pengetahuan

— memperkirakan manfaat pengetahuan terhadap firma

  • Pemrosesan pengetahuan

— mendokumentasikan bagaimana keputusan dicapai

  • Implementasi pengetahuan

— mengorganisir pengetahuan dan mengintegrasikannya dengan strategi pemrosesan  untuk penyebaran akhir

Slide 22: CSLC vs. KMSLC

  • CSLC:
    • Mengenal kebutuhan dan studi yang mungkin
    • Spesifikasi kebutuhan perangkat lunak
    • Desain logis (rencana desain master)
    • Desain fisik (pengkodean)
    • Pengujian
    • Implementasi (konversi file, pelatihan pengguna)
    • pengoperasian dan pemeliharaan
  • KMSLC:
    • Mengevaluasi infrastruktur yang ada
    • Membentuk tim KM
    • Penangkapan pengetahuan
    • Mendesain KM blueprint
    • Memverifikasi dan memvalidasi sistem KM
    • Mengimplementasikan sistem KM
    • Memenej perubahan dan reward structure
    • Evaluasi post-system

Slide 23: Pengguna vs. Pakar

Atribut Pengguna Ahli
Ketergantungan pada sistem tinggi Rendah menuju nol
kerjasama Biasanya kooperatif Kerjasama tidak dibutuhkan
Toleransi terhadap ambiguitas rendah Tinggi
Pengetahuan tentang masalah tinggi Rata-rata/rendah
Kontribusi terhadap sistem informasi Pengetahuan/keahlian
Pengguna sistem ya Tidak
Keberadaan pembangun sistem Ada kesiapan Tidak ada kesiapan

Slide 24: KM System Development Life Cycle (8 Stages)

  • Mengevaluasi infrastruktur yang ada
  • Membentuk tim KM
  • Penangkapan pengetahuan
  • Mendesain KM blueprint (master plan)
  • Menguji sistem KM
  • Mengimplementasikan sistem KM
  • Memenej perubahan dan reward structure
  • Evaluasi post-system

Slide 25: Berbagai Pengetahuan via Teamwork

  • Pengetahuan inisial
  • Tim melakukan pekerjaan
  • Outcome direalisasikan
  • Outcome dibandingkan dengan tindakan
  • Pengalaman/pengetahuan baru didapatkan
  • Pengetahuan diperoleh dan dikodifikasi dalam bentuk yang bisa digunakan oleh orang lain
  • Pengetahuan baru dapat digunakan lagi oleh tim yang sama dalam pekerjaan selanjutnya

Lihat slide!

2 responses to “KREASI PENGETAHUAN DAN ARSITEKTUR MANAJEMEN PENGETAHUAN

  1. mantap…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s