Bab1 Memahami Pengetahuan

https://komarudintasdik.wordpress.com

Slide 1: Bab1 Memahami Pengetahuan

Perkuliahan Satu – Bagian II

Slide 2: Review Perkuliahan yang lalu

  • Apakah yang dimaksud dengan Knowledge Management (KM)?
  • Apakah yang dimaksud mengemudikan kekuatan?
  • Peran KM dalam organisasi saat ini
  • Apakah yang dimaksud dengan Knowledge Management System (KMS)?
  • Classification of Knowledge Management Systems
  • Klasifikasi Sistem Manajemen Pengetahuan
  • Manajemen Pengetahuan yang Efektif

Slide 3: Dalam Perkuliahan Ini

  • Definisi-definisi yang berkaitan dengan pengetahuan dasar
  • Data, Informasi dan Pengetahuan
  • Dari pemrosesan data menuju sistem berbasis pengetahuan
  • Jenis-jenis pengetahuan
  • Pengetahuan – Sebuah atribut keahlian

Slide 4-9: Definisi-Definisi yang Berhubungan dengan Pengetahuan Dasar

  • Common sense: kemampuan bawaan untuk memahami, mempertimbangkan, atau merasakan situasi; muncul lebih kuat dari waktu ke waktu
  • Fakta: Pernyataan yang berkenaan dengan elemen kebenaran tertentu tentang masalah pokok atau domain
  • Heuristik: kaidah ibu jari berdasarkan tahunan pengalaman
  • Pengetahuan: memahami tambahan melalui pengalaman; keakraban dengan cara untuk melakukan suatu tugas; akumulasi fakta, aturan procedural, atau heuristik
  • Inteligensi: Kapasitas untuk mendapatkan dan mengaplikasikan pengetahuan

Slide 10: Data, Informasi dan Pengetahuan

  • Data: Fakta-fakta yang tidak terorganisir dan belum diolah; statis; sekumpulan fakta diskrit tentang peristiwa-peristiwa
  • Informasi: Kumpulan data yang menjadikan pembuatan keputusan lebih mudah
  • Pengetahuan berasal dari informasi sama halnya dengan informasi yang sama berasal dari data; range informasi manusia
  • Knowledgeis derived from information in the same way information is derived from data; it is a person’s range of information

Slide 11: Hubungan antara Data, Informasi dan Pengetahuan

Lihat slidenya

Slide 12: Sebuah Ilustrasi

Lihat slidenya

Slide 13: Menghubungkan Data, Informasi dan Pengetahuan ke Peristiw

Lihat slidenya

Slide 14: Dari Pemrosesan Menuju Sistem Berbasis Pengetahuan

Lihat slidenya

Slide 15: Jenis-Jenis (Kategorisasi) Pengetahuan

  • Dangkal (siap dipanggil kembali) dan dalam (diperoleh melewati pengalaman bertahun-tahun
  • Ekspisit (sudah disusun) dan tacit (disimpan di dalam otak)
  • Procedural (repetitif, stepwise) versus episodis (dikelompokkan per episode)
  • Pengetahuan berada di chunks

Slide 16: Pengetahuan Eksplisit dan Tacit

  • Eksplisti (knowing-that) pengetahuan: pengetahuan yang dikodifikasi dan digitisasi dalam buku, dokumen, laporam, memo, dll.
  • Tacit (knowing-how) pengetahuan: pengetahuan yang ditempelkan dalam otak manusia melalui pengalaman dan pekerjaan

Slide 17: Jenis Pengetahuan yang Berbeda

Umum Spesisifk kontekstual Spesifik teknis
Deklaratif Eksplisit Sebuah buku mendeskripsikan factor-faktor untuk mempertimbangkan ketika memutuskan apakah akan membeli stok perusahaan. Ini mungkin mencakup harga untuk mendapatkan ratio, dividend Dokumen perusahaan mengidentifikasi perputaran di bawah manager tim konsultan yang harus mempertimbangkan penggantian anggota tim yang bermasalah dengan proyek Manual mendeskripsikan factor-faktor untuk mempertimbangkan konfigurasi komputer untuk mendapatkan spesifikasi kinerjas
Tacit Pengetahuan tentang factor utama untuk mempertimbangkan ketika memutuskan apakah akan membeli stok perusahaan Pengetahuan manager personalia dari factor-faktor untuk mempertimbangkan dalam memotivasi pegawai di perusahaan tertentu Pengetahuan teknisi tentang tanda untuk mencari cara reparasi televise yang rusak
Prosedural Eksplisit Buku yang menggambarkan langkah-langkah untuk memutuskan apakah akan membeli stok perusahaan Dokumen perusahaan yang mengidentifikasi susunan tindakan manager tim konsultan ketika meminta managemen senior untuk mengganti anggota tim yang bermasalah dengan proyek Manual mendeskripsikan bagaimana mengubah setting sistem operasi dalam komputer untuk mendapatkan perubahan kinerja yang diinginkan
Tacit Pengetahuan dasar tentang langkah-langkah untuk memutuskan apakah akan membeli stok perusahaan Pengetahuan manager personalia tentang langkah-langkah untuk memotivasi pekerja di perusahaan tertentu Pengetahuan teknisi tentang langkah-langkah untuk melakukan reparasi televise yang rusaks

Slide 18: Pengetahuan sebagai Atribut Keahlian

  • Ahli dalam bidang spesialis menguasai pengetahuan yang dibutuhkan
  • Kinerja unik dari pakar berpengetahuan luas sangat tampak dalam kualitas pembuatan keputusan
  • Pakar berpengetahuan luas lebih selektif terhadap informasi yang mereka dapatkan
  • Para pakar merupakan pewaris pengetahuan yang berasal dari pengalaman

Slide 19: Metode Alasan Pakar

  • Alasan dengan analogi: menghubungkan satu konsep dengan yang lainnya
  • Alasan formal: menggunakan metode deduktif atau induktif
  • Alasan berbasis kasus: alasan dari kasus-kasus masa lalu yang relevan

Slide 20: Alasan Deduktif dan Induktif

  • Alasan deduktif: alasan eksak. Berhubungan dengan fakta-fakta eksak dan konklusi eksak
  • Alasan induktif: alasan dari sejumlah fakta atau kasus individu menuju konklusi umum

Slide 21: Model Pembelajaran Manusia

  • Belajar dengan pengalaman: fungsi waktu dan bakat
  • Belajar dengan contoh: lebih efisien daripada belajar dengan pengalaman
  • Belajar dengan penemuan: pendekatan tidak langsung di mana manusia mengeksplorasi masalah dengan tidak ada pengetahuan yang mumpuni tentang tujuan apa yang mereka capai

Slide 22: Akhir dari Perkuliahan Satu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s