The Definitive Guide to Linux Network Programming

The Definitive Guide to Linux Network Programming

Keir Davis, John W. Turner, and Nathan Yocom. USA: Apress. 2004

Diterjemahkan oleh: Komarudin Tasdik

https://komarudintasdik.wordpress.com

Pendahuluan

Sebagai pengembang, kita menemukan tantangan sendiri terkait banyaknya internet pada basis harian seperti yang kita butuhkan atau inginkan untuk menyediakan suatu level layanan jaringan di dalam aplikasi kita. Apakah tujuan kita untuk memungkinkan remote mentoring kesehatan aplikasi, memungkinkan para pengguna mengakses layanan sentralistik, atau bahkan mengautentikasi identitas pengguna yang mengarah ke pemberian akses terhadap sebuah aplikasi, pemrograman jaringan nampaknya dark art yang dipraktekkan oleh kebanyakan para pengembang berpengalaman saja. Kami telah menulis teks ini untuk membantu anda menghadapi tantangan, dan memperlihatkan kepada anda bahwa pemrograman jaringan bisa dinikmati dan mudah dipelajari.

Dari eksplorasi dasar-dasar jaringan, untuk membuat multithreaded server yang kompleks, untuk mengamankan komunikasi jaringan, kami sajikan untuk anda definisi yang tepat, penjelasan yang jelas, dan contoh-contoh yang mudah dibaca. Untuk pengembang yang tidak berpengalaman dan tidak familiar dengan bahasa C, sebaik ahli yang memiliki banyak tips ekstra, kami menyajikan informasi dan wawasan ke dalam sebuah topik yang sering terlewatmkan, dan masih memerlukan perhatian khusus.

Apa yang Harus Anda Baca

Bergantung pada pengalaman anda dalam pemrograman jaringan dan gaya kesiapan anda, anda dapat menemukan bahwa pendekatan yang berbeda untuk teks ini cukup teratur. Kami berusaha keras untuk menulis cara modular yang menyajikan banyak informasi independen tentang tiap topik sebisa mungkin tanpa meminta anda untuk membaca topik itu sebelumnya. Bagaimanapun, mungkin menjadi modular yang lengkap, seperti semua paradigma pemrograman terdapat konsep dasar yang anda harus pahami sebelum pindah ke topik-topik lanjutan. Selanjutnya adalah pembahasan tentang struktur buku dan saran di mana anda dapat mulai memperoleh sebagian isi buku ini.

Kami telah mengorganisir buku ini ke dalam tiga bagian dan satu lampiran. Bagian pertama membahas dasar-dasar jaringan dan pemrograman jaringan. Bagian kedua membahas pendekatan-pendekatan yang berbeda untuk mendesain aplikasi jaringan, dan berlanjut pada protokol dan desain aplikasi lanjutan. Bagian terakhir merinci metode-metode pengamanan aplikasi jaringan, pemrograman dengan OpenSSL toolkit, dan autentikasi, serta membahas metodologi untuk mereduksi kelemahan aplikasi jaringan terhadap suatu serangan.

Pemula: Jika anda tidak memiliki pengalaman apapun sebelumnya tentang konsep networking, bagaimana komputer berkomunikasi pada local area network, atau untuk apa singkatan seperti DNS, maka membaca dari awal buku hingga akhirnya sangat direkomendasikan.

Baru: Jika anda familiar dengan konsep jaringan tapi tidak pernah menemui pemrograman jaringan sebelumnya, maka anda bisa meloncati bab pertama. Mulai dari bab kedua, anda akan diperkenalkan terhadap fungsi-fungsi dasar yang digunakan dalam pemrograman jaringan dan bisa berlanjut melewati buku ini untuk membangun konsep utama masing-masing.

Berpengalaman: Dinyatakan bahwa anda memiliki suatu pengalaman tentang pemrograman jaringan, atau bahkan anda telah menulis aplikasi jaringan di masa lalu, memulai Bagian kedua sangat direkomendasikan. Meskipun banyak sekali informasi ini terlihat familiar bagi anda, penting untuk benar-benar memahami pendekatan-pendekatan yang berbeda untuk desain membuat keputusan terbaik ketika ingin memilih arsitektur yang sangat anda butuhkan.

Ahli: Meskipun mungkin tidak dibutuhkan, kami merekomendasikan bahwa pengembang jaringan berpengalaman banyak membaca mulai bab 7. Apabila banyak materi yang familiar bagi seorang ahli, sangat penting bahwa anda memahami pendekatan-pendekatan lanjutan untuk pemrograman defensif, keamanan dan metodologi.

Yang lainnya: Kami sangat memahami bahwa setiap pembaca itu berbeda. Jika anda tidak menyukai hanya membaca per bagian, atau topik, kami menyarankan anda membaca semua teks ini, mulai awal hingga akhir. Buku ini dipenuhi dengan informasi berguna, dari cover ke cover, dan kami ingin berpikir bahwa ada sesuatu untuk seseorang, tanpa memperhatikan level pengalaman dan gaya belajar.

Hal 20 Chapter summaries bersambung….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s