CISEWU SUDAH SAATNYA MAJU

CISEWU SUDAH SAATNYA MAJU

Oleh: Komarudin Tasdik

https://komarudintasdik.wordpress.com

Kemajuan suatu negara dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang sangat kentara saat ini adalah penguasaan informasi. Faktor ini telah mengantarkan Amerika Serikat lebih unggul dibandingkan dengan negara-negara lainnya di dunia. Walaupun saat ini ia sedang mengalami berbagai krisis, khususnya di bidang ekonomi yang saat ini sedang bersaing ketat dengan Eropa dan China. Tapi tetap saja, sejarah telah mencatat bahwa Amerika telah memegang title negara super power atau adikuasa dalam waktu yang cukup lama setelah keruntuhan Uni Sovyet.

Sebagai bukti penguasaan informasi telah dilakukan Amerika Serikat di antaranya: perkembangan teknologi komputer terutama internet sangat pesat dikembangkan di negara Paman Sam ini, mengingat perusahaan software kaliber dunia berdiri di negara berbahasa Inggris ini, yakni Microsoft Corporation. Hingga saat ini, perusahaan di bawah kepemilikan Bill Gates ini tengah merajai dunia software, khususnya yang bersifat software komersil, yang mana kita sangat mengenal nama-nama: Microsoft windows, Microsoft word, Microsoft excel, Microsoft power point, dll. Software-software ini sangat menjamur di negeri kita Indonesia, bahkan sampai ke kampung tercinta Cisewu yang indah, walaupun masih banyak yang bersifat bajakan. (Bicara bajak-membajak kita tinjau lagi di lain waktu) He…he…

Selain Amerika, negara-negara maju saat ini juga benar-benar sadar atas pentingnya informasi, seperti perhatian besar terhadap perkembangan teknologi informasi/komputer yang dilakukan oleh Eropa (sistem operasi Linux yang bersifat opensource berasal dari Jerman), Jepang (sudah dikenal dunia tentang daya kreativitas di bidang robotika yang notabene menjadi tahap puncak target produk teknologi informasi), dan China (sudah sangat banyak hacker-hacker yang membuat Mr Google hengkang dari negara Panda ini, padahal para hackernya terdiri dari gadi-gadis cantik di bawah kepemimpinan Xiao Tian).

Satu lagi yang sangat penting dalam memajukan suatu bangsa, adalah adanya kerja sama, semangat gotong royong, kerja tim atau apapun istilahnya yang jelas maknanya adalah melakukan sesuatu dengan semangat saling mendukung dan saling memajukan. Lihat sifat solid orang-orang Chinese, dan Jepang, walaupun kedua negara ini agak tertutup terhadap adopsi penggunaan bahasa Inggris di negaranya, tetapi hal ini mereka lakukan bukan untuk menutup diri dari kemajuan, melainkan memupuk ‘produk dalam negerinya’ (bahasa masing-masing) agar mempunyai kekuatan di mata internasional. Dengan demikian untuk membuat bahasanya mempunyai kekuatan, di sinilah Sumber Daya Manusia (SDM) dituntut produktif, produktif, dan produktif. Buat, buat, dan buat. Lakukan apa yang bisa dilakukan selama hal itu dianggap positif.

Bagaimana dengan Cisewu?

Cisewu saat ini sudah mengalami ‘Internet Goes to Cisewu’, maka informasi sudah tidak terbatas seperti di jaman purbakala dulu. SDM Cisewu, khususnya anak-anak muda Cisewu sudah banyak yang melanjutkan kuliah, hal ini menunjukkan intelektualitas Cisewu tidak bisa disepelekan lagi, tidak bisa dipandang sebelah mata.

Dengan kemajuan ini, kemajuan Cisewu akan sangat bergelora apabila para insan Cisewu melakukan apa yang bisa dilakukan, yang penting positif, kalau khawatir tidak positif ya minimal netral lah enggak apa-apa. Yang bisa berkontribusi dengan uang silahkan. Yang bisa berkontribusi dengan ilmu silahkan. Yang ahli di bidang pertanian, silahkan majukan bidang pertanian jangan sampai waktu menanam padi menunggu waktu hujan, jangan sampai mau buah tomat, jengkol, peuteuy, cabe cengek, harus pergi belanja ke pangalengan. Yang bisa mengembangkan dunia pendidikan, silahkan kembangkan dunia pendidikan, jangan sampai ada adik-adik kita yang susah untuk sekolah, minimal kalau masih keberatan ambil dari saku pribadi, baik alasannya sayang atau belum ada, kita carikan beasiswanya. Dan kalaulah contoh-contoh sebelumnya masih dirasa berat, mari kita lakukan apa yang kita mampu lakukan. Sekedar mengingatkan kita semua, ada amalan-amalan yang kadang kita lupakan, di antaranya:

  1. Mendoakan anak Cisewu untuk bisa bersekolah
  2. Menyapa anak-anak sekolah walaupun kita sudah cape pulang dari sawah
  3. Menulis di Internet (seperti di facebook Cisewu nu Urang) tentang apa yang kita ingin tuliskan, tidak perlu nunggu ahli dulu, tidak perlu mencari-cari bahan yang super ilmiah. Tuliskan apa yang ada di benak, biar saudara-saudara kita yang sudah sedikit lebih maju dapat teringatkan untuk memahami keinginan dan keberadaan kita sebenarnya
  4. Dan lain-lain

Yang jelas kita harus mulai curhat dengan sesama, khususnya warga Cisewu agar kita bisa mengatasi masalah bersama-sama. Minimal yang kaya tidak melupakan yang “kosong saku”, yang cerdas tidak melupakan yang “sering lupa”. Orang membuat dirinya sukses itu hal biasa, tapi orang yang membuat orang lain sukses itulah yang luar biasa. Lakukan apa yang mampu kita lakukan. Semoga tulisan ini bermanfaat! ***

Hayu urang majengkeun Cisewu saenggalna, minimal “ka jamban ulah darurat, ka sakola ulah tihothat pisan”. Sok sanaos abdi oge teu acan tiasa masihan naon-naon kanggo Cisewu, mung nembe kanyaah nu kuat di jero hate.

Sanaos sesah, cape, ripuh ngemutan nasib masing-masing. Tapi urang tangtos sadar yen Cisewu titipan Allah, jiwa-raga urang oge titipan Allah. Janten teu aya nu mustahil ku kersaning izin manten-Na mah. Mugi Gusti Allah ngabimbing urang sadaya. Amiin!

Salam kasono kahatur Cisewu…..

One response to “CISEWU SUDAH SAATNYA MAJU

  1. Great job!…
    It would be my deepest appreciation if you keep in updating the news as well as sharing the crucial information related to our lovely home town, Cisewu.

    Bravo,
    CnU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s