Shaum Sunat

SHAUM SUNAT: Menghemat Uang dan Waktu, serta Mendulang Pahala

Oleh: Komarudin Tasdik

Shaum sunat merupakan amalan yang dicontohkan Rasulullah. Beliau menjalankan shaum Senin dan Kamis, juga shaum sunat lainnya, seperti shaum menyambut hari raya Idul Adha dan shaum tiga hari di setiap pertengahan bulan. Beliau melalui ajarannya, menyampaikan betapa banyak keutaman shaum sunat ini, salah satunya adalah orang yang shaum akan makbul doanya.

Di samping pahala ukhrawi, syaum juga dapat menghemat anggaran belanja dan efektivitas waktu. Mari kita bayangkan, seorang mahasiswa (cukup banyak) ketika ke kampus memiliki agenda rutin, yaitu masuk kuliah dan istirahat. Waktu istirahat inilah yang biasanya diisi dengan mengunjungi kantin beramai-ramai.

Andaikan mahasiswa tersebut tidak ke kantin, maka waktu istirahat sebagian bisa dipakai ke perpustakaan, dan uang jajannya bisa ditabung untuk membeli buku, sehingga akan menambah referensi keilmuannya. Dengan gaya hidup mahasiswa ini, InsyaAllah akan mendorongnya menuju kesuksesan menjadi intelektual sejati.

Lebih daripada itu, dengan membiasakan shaum akan senantiasa mengingat rasa lapar dan dahaga yang dirasakan para fakir miskin. Orang yang shaum hanya menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenam matahari, sedangkan orang miskin menahan lapar dan dahaga dengan tidak ada batas waktu, karena tidak tahu kapan mereka akan memperoleh makanan.

Yang terpenting para ulama juga sering mengingatkan, bahwa dengan shaum akan lebih mendekatkan kita kepada Allah yang sudah seyogyanya sangat kita rindukan.

***Shaum Dawud itu shaum yang sangat dianjurkan*** (pelaksaanaannya shaum selang sehari/sehari shaum-sehari enggak dengan memperhatikan hari-hari yang dilarang shaum [haram shaum]).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s