Bahasa Arab, Inggris, Jepang dan Mandarin

Bahasa Arab, Inggris, Jepang dan Mandarin

oleh: Komarudin Tasdik

Bahasa Arab, Inggris, Jepang dan Mandarin itu sangat penting di saat ini. Bahasa Arab akan mempermudah akses ilmu tentang Islam sehingga akan melandasi semua keilmuan (SAINTEK). Dengan kemampaun Bahasa Arab diharapkan dapat memahami al-Quran dan al-Hadits. Dengan memahami al-Quran dan al-Hadits akan mengarahkan diri manusia untuk menggunakan produk-produk saintek berdasarkan perintah Allah.

Bahasa Inggris sudah banyak yang memposisikan sebagai bahasa yang terbanyak penggunannya di dunia. Bahasa ini tidak hanya banyak digunakan untuk percakapan sehari-hari, tapi sudah sangat merambah menjadi bahasa pengantar buku-buku yang menjadi referensi para pelajar baik formal maupun non-formal. Faktanya di Indonesia, ada perguruan tinggi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai referensi terulis, khususnya program S2.

Bahasa Jepang akan membantu mahasiswa yang berkeinginan melanjutkan ke Jepang dengan program beasiswa, karena program beasiswa Jepang sangat banyak dan sangat menjanjikan (berdasarkan obrolan dengan teman). Sementara Bahasa Mandarin, akan membantu kemampuan memahami KANJI, karena baik dalam bahasa Jepang maupun Mandarin banyak menggunakan huruf kanji yang agak banyak orang menganggap sulit. Kanji jepang dan mandarin memiliki kesamaan dalam arti, tapi berbeda dalam pelafalan (baca). Pemahaman terhadap huruf Kanji (jepang, mandarin) dan Latin (Inggris) juga dikenal akan menyeimbangkan kemampuan otak kiri dan kanan. Sementara bahasa Arab akan menambahk tingkat kejeliaan seseorang, karena bahasa ini sangat menuntut kehati-hatian yang mendalam. Inilah salah satu kesempurnaan dan keunggulan bahasa Arab dibanding bahasa yang lainnya.

Dengan demikian, apabila kita dapat memahami keempat bahasa ini, InsyaAllah berpeluang besar untuk menata kesuksesan di dunia ini. Ini bukan harga mutlak, tapi tuntunan untuk beberapa orang dan beberapa pekerjaan.

Tasdik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s