Beberapa Bahasa dan Daya Tariknya

Beberapa Bahasa dan Daya Tariknya

Oleh: Komarudin Tasdik

Bahasa adalah jendela dunia. Bahasa adalah penyambung kehidupan, sehingga tidak mungkin ada kehidupan tanpa bahasa. Apabila terdapat banyak bahasa yang mampu diimplementasikan seseorang, maka akan menumbuhkan benih-benih kehidupan baru di muka bumi ini yang realistis, dinamis, bahkan romantis.

  1. Bahasa Arab: alat komunikasi bangsa Arab dan orang-orang yang tertarik dengan Islam dengan latar belakang benua yang berbeda-beda. Bahasa ini tidak akan mati, selama Islam masih bertahan di muka bumi ini. Dan kepanatikan penggunanya akan sangat kuat, karena bahasa Arab bukan hanya bahasa otak (ilmu pengetahuan), tapi bahasa hati (agama) juga.
  2. Bahasa Inggris: alat komunikasi bangsa-bangsa di dunia, terutama Amerika, Inggris, dan negara-negara yang telah menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resminya, baik di lingkungan akademis, maupun non akademis. Bahasa Inggris inilah yang sudah sangat berperan dan dibutuhkan oleh semua negara yang ingin bergaul di kancah internasional
  3. Bahasa Jepang: negara Jepang merupakan negara maju yang sangat membuka peluang beasiswa untuk negara-negara lain, termasuk Indonesia
  4. Bahasa Mandarin: menjadi bahasa bisnis, bahkan ada yang menyatakan bahasa nomor dua dunia setelah bahasa Inggris, karena China sangat pesat dalam perkembangan bisnisnya
  5. Bahasa Jerman: Banyak beasiswa dan sudah ada Habibi Center  yang menjadi jembatan Indonesia dan Jerman
  6. Bahasa Prancis: Bahasa Jerman dan Prancis merupakan bahasa yang banyak digunakan setelah bahasa Inggris, sehingga banyak referensi yang menggunakan bahasa tersebut.

Sedangkan bahasa yang dapat membantu dalam berkomunikasi secara kultural atau historis (selain bahasa-bahasa di atas) di antaranya adalah:

  1. Bahasa Sunda: bahasa ibuku
  2. Bahasa Jawa: memiliki sejarah peradaban tua di Indonesia. Presiden Indonesia berasal dari Jawa hampir semua (kecuali B. J. Habibie)
  3. Bahasa Korea: perkembangan teknologinya pesat, dan produk-produknya sudah merambah ke Indonesia
  4. Bahasa Spanyol: banyak negara yang menggunakan, dan di Spanyol ini ada sejarah Islam di masa Bani Umayyah II (Spanyol=Andalusia)
  5. Bahasa Belanda: banyak literature Indonesia berbahasa Belanda, seperti hukum.
  6. Bahasa Italia: Italia adalah markaz Paus Paulus, sehingga kalau ingin berkomunikasi dengan non-muslim, khususnya para pemangku Patikan akan lebih mudah kalau menggunakan bahasa Itali.
  7. Bahasa Ibrani: bahasa kitab injil
  8. Bahasa Urdu: banyak para pakar Islam yang memahaminya, seperti M. Iqbal
  9. Bahasa Hindi: negara Asia yang kemajuan teknologinya berkembang pesat dan Islam Indonesia banyak dibawa saudagar Gujarat India

10.  Bahasa Latin: banyak digunakan untuk makna harfiah berbagai kajian ilmu, seperti Biologi. Bahkan arti komputer saja, awalnya dari bahasa latin yakni computare.s

Di samping bahasa manusia, di dunia ini sudah banyak berkembang dengan pesat bahasa yang digunakan manusia untuk berinteraksi dengan mesin yang mana dinamakan bahasa komputer atau bahasa pemrograman. Dengan bahasa pemrograman ini mengantarkan komputer menjadi teknologi canggih dan cerdas, seolah-olah komputer dapat berpikir seperi manusia. Istilahkan saja komputer manusiawi.

Komputer manusiawi ini sangat sering menggantikan peran manusia dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, seperti mesin ATM, robot, dll. Dalam ilmu komputer komputer manusiawi dikaji dalam bidang kajian yang disebut Intelegensi Buatan yang pembahasannya mencakup salah satunya adalah sistem pakar. Dengan sistem pakar, komputer dengan bantuan kemampuan analisis sistem informasi, kemampuan pemrograman dan kepakaran seseorang di luar bidang komputer seperti dokter akan membuat komputer menjadi pengambil keputusan. Pasien hanya memasukkan informasi tentang keluhan-keluhan yang dirasakannya, maka komputer akan memberikan resep seperti layaknya seorang dokter.

Ingin mengetahui tentang komputer manusiawi atau intelegensi buatan, silahkan mengkajinya secara otodidak atau secara formal, karena di program S2 jurusan Ilmu komputer ada konsentrasi atau peminatan di bidang ini. Selamat mengkajinya lebih mendalam lagi!

Mohon koreksinya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s