PERILAKU KONSUMEN DAN PRODUSEN DALAM KEGIATAN EKONOMI

Resume BAB III

PERILAKU KONSUMEN DAN PRODUSEN DALAM KEGIATAN EKONOMI

Oleh: Komarudin Tasdik

  1. Barang (Mulyani, 2009, hlm. 44-45):
    1. Manfaat: barang memiliki nilai bagi manusia.
    2. Nilai: kemampuan barang untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Penggolongan nilai:

1)      Nilai pakai: objektif (air), subjektif (kursi roda bagi orang yg tdk bisa berjalan)

2)      Nilai tukar: objektif/harga (berlian berharga tinggi di setiap tempat) , subjektif (lukisan bernilai tukar tinggi bagi seseorang)

3)      Paradoks nilai: pertentangan penilaian pada suatu barang yang sama (barang bernilai tukar tinggi harusnya bernilai pakai tinggi).

  1. Perilaku
    1. Konsumen tergantung pada: selera, tingkat pendapatan, kebiasaan dan sikap hidup, lingkungan tempat tinggal, alat distribusi (Mulyani, 2009, hlm. 49-50).
    2. Produsen; yang mengutamakan kepentingan masyarakat (Mulyani, 2009, hlm. 56):

1)      Memberikan keuntungan bagi stakeholders

2)      Memberikan sumbangan sosial

3)      Menumbuhkan rasa saling percaya

4)      Menghormati aturan

5)      Sikap hormat terhadap lingkungan alam

6)      Menghindari operasi-operasi tidak etis.

  1. Faktor-faktor produksi: SDA, SDM, modal, dan Skill(Mulyani, 2009, hlm. 53)
  2. Peran pelaku ekonomi (Mulyani, 2009, hlm. 62-65)
    1. Peranan rumah tangga konsumen:

1)      rumah tangga sebagai pemasok faktor-faktor produksi kepada perusahaan

2)      rumah tangga sebagai konsumen barang dan jasa perusahaan.

  1. Peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi, sebagai: produsen, distributor, agen pembangunan
  2. Peran pemerintah, sebagai: pengatur, pengontrol, penguasa, konsumen
  3. Peran masyarakat luar negeri, sebagai: konsumen, produsen, investor, sumber tenaga kerja ahli.

Sumber: Sri Nur Mulyani, dkk. 2009. Ekonomi: untuk SMA/MA Kelas X. Pusat Perbukuan Depdiknas

BLOG UTAMA

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s