Pengantar Manajemen Pengetahuan

Sumber: Elias M. Awad, Hassan M. Ghaziri (2004). Knowledge Management. Prentice Hall

Diterjemahkan oleh: Komarudin Tasdik

http://komarudintasik.wordpress.com

Knowledge Management System (Elias Hasan)

Lecture 1 Part One

Lecture 1 Part One

Slide 1: Judul

Pengantar Manajemen Pengetahuan

Kuliah Satu Bagian I

Slide 2: Tujuan

  • Apa yang dimaksud Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management—KM)?
  • Bagaimana menjalan kekuatan itu?
  • Peran KM dalam organisasi saat ini
  • Apa yang dimaksud dengan Sistem Manajemen Pengetahuan (Management System—KMS)?
  • Klasifikasi Sistem Manajemen Pengetahuan
  • Manajemen Pengetahuan yang efektif

Slide 3: Motivasi Manajemen Pengetahuan

  • Peringatan ke 20 pendaratan orang Amerika di permukaan bulan telah menimbulkan banyak refleksi suka dan duka. Suka perayaan kejadian historisnya sendiri…Duka, bagi para penggemar itu, merupakan pengetahuan yang selama dua puluh tahun telah mendapat campur tangan negara terhadap petualangan bulan pertama ini…” [Fries,S. 1992].

Slide 4: Pengetahuan sebagai Sumber Daya Kunci

  • “Pengetahuan telah menjadi sumber daya kunci, untuk kekuatan militer suatu bangsa sebaik kekuatan ekonominya…secara fundamental berbeda dengan sumber daya kunci tradisional dari ahli ekonomi—tanah, tenaga kerja, bahkan modal..kita membutuhkan pekerjaan sistematis pada kualitas pengetahuan dan produktivitas pengetahuan..kapasistas kinerja, jika tidak survival, semua organisasi di dalam masyarakat pengetahuan akan semakin muncul tergantung pada dua faktor itu” [Drucker,1994]

Slide 5: Apakah yang Dimaksud dengan Manajemen Pengetahuan

  • Knowledge management (KM) bisa didefinisikan secara sederhana sebagai melakukan apa yang dibutuhkan untuk mendapatkan sebagian besar sumber daya pengetahuan
  • KM fokus pada mengorganisir dan membuat pengetahuan penting yang ada, di manapun dan kapanpun dibutuhkan.
  • KM juga dikaitkan dengan konsep intellectual capital.

Slide 6: Manajemen Pengetahuan yang Mengemudikan Kekuatan

  • Increasing Domain Complexity (Menambah kompleksitas domain): Seluk-beluk proses-proses internal dan eksternal, kemajuan teknologi yang cepat)
  • Accelerating Market Volatility(Mengakselerasi volatilitas pasar): Langkah perubahan, atau volatilitas, di masing-masing domain pasar telah meningkat pesat pada dekade yang lalu.
  • Intensified Speed of Responsiveness (Kecepatan respon yang diintensifkan): Waktu yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan berdasarkan perubahan yang tidak kentara di dalam dan melintasi domain yang sedang berkurang
  • Diminishing Individual Experience (Mengurangi Pengalaman Individu): Angka penggantian pekerja yang tinggi telah melanda individu dengan otoritas pembuatan keputusan memiliki masa jabatan yang sebentar di dalam organisasinya daripada sebelumnya.

Slide 7: Peran KM dalam Organisasi Saat Ini

  • KM itu penting untuk organisasi-organisasi yang secara kontinu menghadapi persentasi penggantian yang downsizing atau tinggi
  • Memfasilitasi manager muda saat ini untuk membuat keputusan-keputusan penting harian yang dibutuhkan

Slide 8: Apakah yang Dimaksud dengan Sistem Manajemen Pengetahuan?

  • Mekanisme social/structural (contohnya, mentoring dan perhatian, dll.) untuk mempromosikan berbagi pengetahuan.
  • Teknologi informasi untuk pemimpin (contohnya, konferensi berbasis web) untuk mendukung mekanisme KM.
  • Sistem manajemen pengetahuan (KMS): sinergi antara mekanisme social/structural dan teknologi-teknologi terbaru.
  • Teknologi terbaru + Mekanisme social/struktural = Sistem manajemen pengetahuan

Slide 9: Klasifikasi Sistem Manajemen Pengetahuan

  • Knowledge Discovery Systems (sistem penemuan pengetahuan)
  • Knowledge Capture Systems (sistem penangkapan pengetahuan)
  • Knowledge Sharing Systems (sistem berbagi pengetahuan)
  • Knowledge Application Systems(Sistem aplikasi pengetahuan)

 

Slide 10: Manajemen Pengetahuan yang Efektif (1)

  • 80%  – proses organisasi dan factor manusia
  • 20% – Teknologi

Slide 11: Manajemen Pengetahuan yang Efektif (2)

  • Pengetahuan pertama diciptakan dalam pikiran manusia
  • Praktek KM harus mengidentifikasi cara-cara untuk mendorong dan menstimulus kemampuan karyawan dulu untuk mengembangkan pengetahuan baru

Slide 12: Manajemen Pengetahuan yang Efektif (3)

  • Metodologi-metodologi dan teknik-teknik KM harus memungkinkan cara-cara efektif mampu memperoleh, menggambarkan, mengorganisir, menggunakan kembali dan memperbarui pengetahuan ini.

Slide 13: Manajemen Pengetahuan yang Efektif (4)

  • KM tidak harus menjauhkan diri dari para pemilik pengetahuan, tapi merayakan dan mengakui posisi mereka sebagai para ahli dalam organisasi itu

Slide 14: Akhir Bagian Satu

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s