Memulai Analisis: Investigasi Kebutuhan Sistem

Bab 4 Memulai Analisis: Investigasi Kebutuhan Sistem

Diterjemahkan oleh: Komarudin Tasdik

http://komarudintasdik.wordpress.com

Slide 2: Tujuan Pembelajaran

v Mendeskripsikan aktivitas-aktivitas fase systems analysis life cycle

v Menjelaskan efek membangun kembali proses bisnis pada aktivitas-aktivitas fase analisis

v Mendeskripsikan perbedaan antara kebutuhan fungsional dan non-fungsional sistem

v Mengidentifikasi dan memahami jenis perbedaan para pengguna yang akan terlibat dalam investigasi kebutuhan sistem

Slide 3: Tujuan Pembelajaran (lanjutan)

v Mendeskripsikan jenis informasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan kebutuhan sistem

v Menentukan kebutuhan sistem melalui review dokumentasi, interview, observasi, prototype, kuesioner, penelitian vendor, dan pembahasan desain aplikasi terkait

v Membahas kebutuhan validasi kebutuhan sistem untuk menjamin akurasi dan kelengkapan serta penggunaan walkthrough terstruktur

Slide 4: Gambaran Umum

v Fase analisis keterampilan SDLC yang dibutuhkan

  • Penemuan fakta untuk investigasi kebutuhan sistem
  • Analis harus mengkaji detail proses-proses bisnis dan operasi-operasi harian
  • Analis harus banyak mengetahui seperti para user domain bisnis untuk membangun kredibilitas
  • Analis membawa perspektif segar untuk suatu masalah
  • Pemodelan proses-proses bisnis berdasarkan kebutuhan sistem

Slide 5: Fase Analisis yang Lebih Detail

v Mengumpulkan informasi

v Menetapkan kebutuhan sistem

  • Fungsional dan non-fungsional

v Kebutuhan-kebutuhan prioritas

v Prototype untuk feasibilitas dan discoveri

v Menghasilkan dan mengevaluasi alternatif-alternatif

v Mereview rekomendasi dengan manajemen

Slide 6: Aktivitas-Aktivitas Fase Analisis

v Fase perencanaan proyek

v Aktivitas-Aktivitas fase analisis

  • Mengumpulkan informasi
  • Menetapkan kebutuhan sistem
  • Kebutuhan prioritas
  • Prototype untuk feasibilitas dan discoveri
  • Menghasilkan dan mengevaluasi alternatif-alternatif
  • Mereview rokemendasi dengan manajemen

v Fase Desain

v Fase Implementasi

v Fase Support

Slide 7: Aktivitas Fase Analisis dan Pertanyaan Kuncinya

v Aktivitas Fase Analisis

  • Mengumpulkan informasi
  • Menetapkan kebutuhan sistem
  • Memprioritaskan kebutuhan
  • Prototype untuk feasibiltas dan discoveri
  • Menghasilkan dan mengevaluasi alternatif-alternatif
  • Mereview rekomendasi dengan manajemen

v Pertanyaan kunci

  • Apakah kita memiliki semua informasi (dan wawasan) yang kita butuhkan untuk menentukan apa yang harus sistem lakukan?
  • Detail apa  yang kita butuhkan untuk membangun sistem itu?
  • Apa hal yang paling penting harus sistem lakukan?
    • - Apakah kita sudah membuktikan bahwa teknologi yang diusulkan dapat melakukan apa yang harus kita lakukan dengan bantuan sistem tersebut?

- Apakah kita sudah membangun beberapa prototype untuk menjamin para user benar-benar memahami potensi yang bisa dilakukan sistem baru?

  • Apa cara terbaik untuk membangun sistem
  • Apakah kita harus melanjutkan desain dan mengimplementasikan sistem yang kita usulkan?

Slide 8: Reengineering Proses Bisnis dan Analiss

v Pendekatan strategis fundamental untuk mengorganisir perusahaan

v Mempersingkat proses-proses bisnis seefisien dan seefektif mungkin

v Asumsi-asumsi dasar pertanyaan untuk melakukan bisnis dan mencari cara yang lebih baik

v Menggunakan IT sebagai BPR enabler

v Analis sistem mungkin menemukan peluang untuk perbaikan proses

v Proyek apapun mungkin mencakup komponen-komponen BPR

Slide 9: Zachman Framework untuk Enterprise Architecture

Lihat slide aslinya

Slide 10: Kebutuhan Sistem

v Kemampuan dan keterbatasan sistem baru

v Kebutuhan fungsional

  • Aktivitas-aktivitas sistem harus berjalan (use cases)
  • Berdasarkan prosedur dan fungsi bisnis
  • Didokumentasikan dalam model analisis

v Kebutuhan non-fungsional

  • Lingkungan teknis atau target performance
  • Kebutuhan usability, reliability, dan security

Slide 11: Stakeholders—Sumber Kebutuhan Sistem

v  Orang-orang yang berkepentingan dengan implementasi sistem yang sukses

v  Tiga kelompok utama stakeholders

  • Users (menggunakan sistem)
  • Clients (membayar dan memiliki sistem)
  • Technical staff (menjamin operasi sistem)

v Setiap jenis stakeholder diidentifikasi oleh analis

Slide 12: Stakeholders yang tertarik dalam Perkembangan Sistem Baru

Lihat slide aslinya

Slide 13: User sebagai Stakeholders

v Peran user horizontal—informasi melintasi departemen-departemen

v Vertical user roles – information needs of clerical staff, middle management, and senior executives

v Peran user vertical—kebutuhan informasi clerical staff, middle management, dan senior executives

  • Para pengguna bisnis melakukan operasi-operasi harian
  • Para pengguna informasi membutuhkan informasi terbaru
  • Para pengguna manajemen membutuhkan informasi ringkas
  • Para pengguna eksekutif membutuhkan informasi strategis
  • Para pengguna eksternal mungkin memiliki akses ke system

Slide 14: Teknik Pengumpulan Informasi

v Fase analisis dilakukan untuk memahami fungsi bisnis dan mengembangkan kebutuhan sistem

v Pendekatan terstruktur asli

  • Membuat model sistem yang ada
  • Memperoleh kebutuhan dari model sistem yang ada

v Pendekatan terbaru

  • Mengidentifikasi kebutuhan logis untuk sistem baru
  • Menyeimbangkan review fungsi bisnis terbaru dengan kebutuhan sistem baru

Slide 15: Hubungan antara Pengumpulan Informasi dan Pembangunan Model

Lihat slide aslinya

Slide 16: Tema untuk Pertanyaan Pengumpulan Informasi

v Tema

  • Apakah yang dimaksud dengan operasi dan proses bisnis?
  • Bagaimana seharusnya operasi-operasi itu dilakukan?
  • Informasi apa yang dibutuhkan untuk menjalankan operasi itu?

v Pertanyaan untuk Pengguna

  • Apa yang anda kerjakan?
  • Bagaimana anda mengerjakannya? Langkah apa yang anda ikuti?
  • Informasi apa yang anda gunakan? Formulir atau laporan apa yang anda gunakan?

Slide 17: Metode Penemuan Fakta

v Mereview laporan, formulir, and deskripsi prosedur yang ada

v Menginterview dan mendiskusikan proses-proses dengan para pengguna

v Mengobservasi dan mendokumentasikan proses-proses bisnis

v Membangun prototypes

v Mendistribusian dan mengumpulkan kuesioner

v Mengadakan pembahasan joint application design (JAD)

v Meneliti solusi-solusi vendor

Slide 18: Mereview Laporan, Formulir, dan Deskripsi Prosedur yang Ada

v Sumber: Organisasi profesional industri eksternal yang besar dan publikasi perdagangan

v Sumber: Dokumen bisnis dan deskripsi prosedur yang ada di dalam organisasi

  • Mengidentifikasi peran, ketidaksesuaian, dan redundansi bisnis
  • Berhati-harilah terhadap bahan kuno
  • Mendapatkan pemahaman utama tentang proses
  • Menggunakan petunjuk/isyarat visual untuk memandu interview

Slide 19: Sample Order Form for RMO

Lihat aslinya

Slide 20: Memimpin Interview dan Diskusi dengan Pengguna

v Cara efektif untuk memahami fungsi dan peran bisnis

v Konsumsi waktu dan kemahalan sumber daya

v Mungkin membutuhkan berbagai pembahasan untuk

  • Menemui semua pengguna
  • Memahami semua kebutuhan pemrosesan

v Dapat bertemu dengan individual atau kelompok pengguna

v Daftar pertanyaan-pertanyaan detail yang dipersiapkan

Slide 21: Daftar Nama Contoh untuk Mempersiapkan Interview User

Daftar Nama untuk Memandu Interview

v Sebelum

  • Menetapkan tujuan untuk interview
  • Menentukan pengguna yang tepat yang akan dilibatkan
  • Menentukan anggota tim proyek untuk berpartisipasi
  • Membuat daftar pertanyaan dan isu untuk didiskusikan
  • Mereview dokumen dan materi yang berhubungan
  • Menset waktu dan lokasi
  • Memberitahu semua partisipan tentang tujuan, waktu, dan lokasi

v Selama

  • Mengenakan baju sewajarnya
  • Datang tepat waktu
  • Mencari kondisi pengecualian dan error
  • Penyelidikan detail
  • Mengambil catatan dengan teliti
  • Mengidentifikasi dan mendokumentasikan item-item yang belum terjawab atau membukan pertanyaan-pertanyaan

v Setelah

  • Mereview catatan untuk akurasi, kelengkapan, dan pemahaman
  • Mentransfer informasi kepada model dan dokumen yang tepat
  • Mengidentifikasi area-area yang membutuhkan klarifikasi lebih lanjut
  • Mengucapkan catatan terima kasih jika tepat

Slide 22: A Sample Open-Items List

Lihat slide aslinya

Slide 23: Mengobservasi dan Mendokumentasikan Proses-Proses Bisnis

v Mengubah dari walkthroughs kantor ke pengerjaan tugas-tugas aktual

v Tidak perlu mengobservasi semua proses-proses pada level detail yang sama

v Mungkin membuat para pengguna takut, sehingga menggunakan pengertian yang biasa

v Dapat mendokumentasikan workflows dengan UML activity diagrams

Slide 24: Activity Diagram Symbols

Lihat slide aslinya

Slide 25: Activity Diagram that Models a Workflow

Lihat slide aslinya

Slide 26: Membangun Prototype

v Model pengerjaan awal dari komponen sistem yang lebih besar dan lebih kompleks

  • Discovery, design, melibatkan prototypes

v Prototype harus

  • Operatif
    • Pengerjaan model untuk menyediakan “look and feel”
  • Fokus menyelesaikan sasaran tunggal
  • Cepat
    • Dibangun dan dimodifikasi secara cepat dengan CASE tools

Slide 27: Mendistribusikan dan Mengumpulkan Kuesioner

v Informasi yang terbatas dan spesifik dari sejumlah besar stakeholders

v Wawasan awal tentang bisnis

v Tidak begitu sesuai untuk pengumpulan informasi detail

v Closed-ended questions mengarahkan orang menjawab pertanyaan

v Open-ended questions mendukung diskusi dan elaborasi

Slide 28: Memimpin Pembahasan Joint Application Design

v Mempercepat investigasi kebutuhan sistem

v Mencoba meringkas penemuan fakta, pemodelan, formasi kebijakan, dan aktivitas verifikasi ke dalam frame waktu yang lebih singkat

v Faktor kritis untuk memiliki semua kata-kata stakeholder penting

Slide 29: Joint Application Design Participants

v Session leader dilatih dalam dinamika grup dan fasilitasi grup JAD

v Mengetahui banyak tentang bisnis dan pengguna sistem serta pembuat kebijakan

v Representasi staf teknis untuk menangani

  • Konfigurasi komputer dan jaringan
  • Lingkungan operasi
  • Isu-isu keamanan

v Project team members

v Anggota tim proyek

Slide 30: Fasilitas Joint Application Design

v Diaraahkan dalam ruang khusus

  • Membatasi interupsi
  • Boleh off-site

v Sumber daya

  • Overhead projector, white board, flip charts, work material
  • Electronic support (laptops)
  • CASE tools
  • Group support systems (GSS)

Slide 31: Facilitas JAD

Lihat slide aslinya

Slide 32: Penelitian Solusi Vendor

v Banyak masalah telah diatasi oleh perusahaan-perusahaan lain

v Kontribus positif solusi vendor

  • Sering menyediakan ide-ide baru
  • Bisa menjadi state of the art
  • Lebih murah dan kurang berisiko

v Bahaya

  • Bisa memperoleh solusi sebelum memahami masalah

Slide 33: Teknik Bermanfaat dalam Penelitian Vendor

v Spesifikasi teknis dari vendor

v Sistem demo or percobaan

v Referensi clients yang ada

v Kunjungan on-site

v Printout dari screens dan laporan

Slide 34: Validasi Kebutuhan

v Memastikan informasi yang dikumpulkan itu tepat

v Walkthrough terstrukur

  • Pengertian yang efektif dari implementasi kontrol kualitas awal dalam proyek
  • Verify and validate system requirements
  • Memverifikasi dan memvalidasi kebutuhan sistem
  • Mereview penemuan dari investigasi dan model berdasarkan penemuan

v Project manager responsible for system quality

v Manajer proyek bertanggung jawab terhadap kualitas sistem

  • Analis sistem, manajer proyek adalah partners

Slide 35: Ringkasan

v Aktivitas fase analisis

  • Mengumpulkan informasi
  • Menentukan kebutuhan sistem
  • Memprioritaskan kebutuhan
  • Prototype untuk feasibility dan discovery
  • Menghasilkan dan mengevalusai alternatif-alternatif
  • Mereview rekomendasi-rekomendasi dengan manajemen

v BPR and Zachman Framework bisa membantu dengan aktivitas fase analisis

Slide 36: Ringkasan (lanjutan)

v Mengumpulkan kebutuhan sistem

  • Fungsional dan non-fungsional
  • Bekerja dengan stakeholder yang berbeda-beda (users, clients, staf teknis)

v Jenis informasi apa yang saya butuhkan?

  • Apa yang dimaksud dengan proses dan operasi bisnis?
  • How are the business processes performed?
  • Bagaimana proses bisnis dilakukan?
  • Apa yang dimaksud dengan kebutuhan informasi?

Slide  37: Ringkasan (lanjutan)

v Teknik pengumpulan informasi primer

  • Mereview laporan, formulir, dan deskripsi prosedur yang ada
  • Memimpin interview dan diskusi dengan para pengguna
  • Mengobervasi dan mendokumentasikan proses-proses bisnis
  • Membangun model pengerjaan prototype
  • Mendistribusian dan mengumpulkan kuesioner
  • Mengadakan pembahasan JAD
  • Meneliti solusi-solusi vendor

Original Title: Systems Analysis and Design in a Changing World, Fourth Edition

Chapter 4 Beginning the Analysis: Investigating System Requirements

Source: Materi Mata Kuliah S2 Ilmu Komputer Institut Pertanian Bogor (IPB) 2010/2011

About these ads

One response to “Memulai Analisis: Investigasi Kebutuhan Sistem

  1. Pingback: Archive for Satzinger -riandragon89

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s