Dunia Analis Sistem Informasi

Judul Buku: Systems Analysis and Design in a Changing World, Edisi 4

Bab I Dunia Analis Sistem Informasi

(Slide 1 s.d 3 berisi tujuan pembelajaran)

GAMBARAN UMUM

Sistem Informasi

  • Krusial untuk kesuksesan organisasi bisnis modern
  • Secara konstant dikembangkan untuk menjadikan bisnis lebih kompetitif
  • Mempengaruhi produktivitas dan keuntungan

Kunci Pengembangan Sistem yang Sukses

  • Analisis dan desain sistem yang cermat
  • Memahami kebutuhan bisnis/perusahaan

Analisis Sistem: proses pemahaman detail tentang sistem yang harus disempurnakan.

Desain Sistem: proses penentuan detail bagaimana komponen-komponen sistem informasi harus diimplementasikan secara fisik.

Analis Sistem: menggunakan teknik-teknik analisis dan desain untuk menyelesaikan masalah bisnis menggunakan teknologi informasi.

Analis sebagai Penyelesai Masalah Bisnis

  • Memiliki pengetahuan tentang teknologi komputer dan keahlian pemrograman
  • Memahami permasalahn bisnis
  • Menggunakan metode logis untuk menyelesaikan masalah
  • Memiliki kenginantahu secara fundamental
  • Ingin membuat sesuatu yang lebih baik
  • Cenderung pada penyelesai masalah bisnis daripada pemrogram teknis

Pendekatan Analis untuk Penyelesaian Masalah

  • Meneliti dan memahami masalah
  • Memverifikasi manfaat cenderung pada penyelesaian masalah daripada biaya
  • Menentukan keperluan untuk menyelesaian masalah
  • Mengembangkan sejumlah solusi alternatif
  • Memutuskan solusi terbaik dan yang direkomendasikan
  • Menentukan detail solusi yang dipilih
  • Mengimplementasikan solusi
  • Memonitor untuk memastikan hasil-hasil yang diinginkan

Sistem yang Menyelesaikan Masalah Bisnis

  • Sistem: komponen-komponen yang saling terhubung, berfungsi bersama-sama untuk mencapai hasil
  • Sistem informasi: kumpulan komponen-komponen yang saling terhubung; mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyedian informasi yang dibutuhkan untuk membantu penyelesaian pekerjaan.
  • Subsistem: bagian dari sistem
  • Supersistem: sistem sangat besar yang memiliki subsistem- subsistem
  • Dekomposisi fungsional: membagi sistem kepada beberapa subsistem dan komponen yang lebih kecil.

Sistem Informasi dan Subsistemnya: lihat gambar di slide 9

Sistem Informasi dan Komponennnya: lihat gambar di slide 10

Batas Sistem v.s. Batas Otomatisasi: lihat gambar di slide 11

Jenis-Jenis Sistem Informasi:

  • Sistem Pemrosesan Transaksi (TPS)

Mendapatkan dan merekam informasi tentang transaksi organisasi

  • Sistem Informasi Manajemen (MIS)

-          Mengambil informasi yang didapatkan oleh TPS

-          Memproduksi laporan perencanaan dan pengawasan

  • Sistem Pendukung Keputusan/Sistem berbasis Pengetahuan (DSS/KBS)

-          Menyelediki dampak dari pilihan dan keputusan yang ada (Skenario What-If)

-          Mengotomatisasi pembuatan keputusan rutin

  • Aplikasi Perusahaan

-          Sistem terintegrasi tinggi yang mendukung operasi dan data besar perusahaan

-          Sering mengkombinasikan aspek-aspek: TPS, MIS, DSS/KBS

  • Sistem Pendukung Komunikasi

Memfasilitasi komunikasi secara internal dengan para pelanggan dan para supplier

  • Sistem Pendukung Kantor

Membantu para pekerja membuat dan berbagi dokumen

Jenis Sistem Informasi: lihat gambar di slide 14

Skill yang Dibutuhkan oleh Analis Sistem: lihat gambar di slide 15

PENGETAHUAN DAN SKILL TEKNIS

Analis Sistem harus memiliki pengetahuan teknologi fundamental:

  • Komputer/periferal (hardware)
  • Jaringan komunikasi dan konektivitasnya
  • Basis Data dan Database Management Systems (DBMS)
  • Bahasa-bahasa pemrograman (contohnya: VB.NET atau Java)
  • Sistem operasi dan utilitas

Analis menggunakan tools

  • Paket produktivitas software
  • Integrated Development Environments (IDEs) untuk bahasa pemrograman
  • CASE tools, testing, pendukung dokumentasi, reverse engineering, manajemen konfigurasi

Analis memahami teknik-teknik SDLC:

  • Perencanaan proyek, analisis sistem
  • Desain sistem, desain basis data, desain jaringan
  • Konstruksi, implementasi, dan pendukung sistem

PENGETAHUAN DAN SKILL BISNIS

Analis harus memahami

  • Fungsi-fungsi bisnis yang dijalankan oleh organisasi
  • Berbagai strategi, perencanaan, tradisi, dan nilai dari organisasi
  • Struktur organisasi
  • Teknik-teknik manajemen organisasi
  • Proses-fungsi pekerjaan fungsional

Analis sistes khusus mengkaji administrasi/manajemen bisnis di perguruan tinggi pada matakuliah CIS atau MIS

PENGETAHUAN DAN SKILL SOSIAL

Analis sistem harus memahami bagaimana orang:

  • Berpikir
  • Belajar
  • Bereaksi terhadap perubahan
  • Berkomunikasi
  • Bekerja (dalam berbagai pekerjaan dan level)

Skill interpersonal dan komunikasi krusial untuk

  • Memperoleh informasi
  • Memotivasi orang
  • Mendapatkan kerja sama (bekerja sama)
  • Memahami kompleksitas dan pekerjaan-pekerjaan organisasi untuk menyediakan pendukung yang dibutuhkan

INTEGRITAS DAN ETIKA

Analis memiliki akses terhadap informasi rahasia, seperti gaji, proyek yang direncanakan organisasi, sistem keamanan, dan lain-lain.

  • Harus menjaga kerahasiaan informasi
  • Beberapa ketidaklayakan dapat merusakan karir analis
  • Analis merencanakan keamanan dalam sistem untuk memproteksi informasi rahasia

LINGKUNGAN DI SEKITAS ANALIS

Jenis-jenis teknologi mencakup:

  • Desktop
  • Networked Desktop
  • Client-server
  • Mainframe sentralistik dalam skala besar
  • Internet, intranet, dan ekstranet
  • Wireless, PDA/Cell phones, mobile desktops

PENGGUNAAN TEKNOLOGI WEB UNTUK FLEKSIBILITAS

Aplikasi-aplikasi membutuhkan lingkungan pengembangan fleksibel

  • Akses di mana saja, kapan saja
  • Untuk para karyawan, partner, dan pelanggan

Sangat baik disediakan dengan teknologi berbasis web

  • B2C: Business to Consumer
  • B2B: Business to Business

JENIS DAN TEMPAT PEKERJAAN KHUSUS

Jenis pekerjaan analis sistem sangat berbeda, tapi memerlukan hal yang sama

Tempat bekerja berbeda mulai bisnis/perusahaan kecil hingga perusahaan besar

Analis bisa menjadi karyawan internal atau konsultan luar

Analis dapat mengembangkan solusi-solusi untuk para manager internal atau untuk para klien dan pelanggan eksternal

PERAN ANALIS DALAM PERENCANAAN STRATEGIS

Proyek khusus mempengaruhi eksekutif

  • Reengineering proses bisnis—perubahan radikal untuk proses-proses yang ada

Proses perencanaan strategis

Perencanaan strategis sistem informasi

  • Perencanaan arsitektur aplikasi (fokus bisnis)
  • Perencanaan arsitektur teknologi (fokus infrastruktur)

Perencanaan sumberdaya perusahaan (ERP)

Komponen-komponen perencanaan strategis sistem informasi: lihat gambar di slide 26

ROCKY MOUNTAIN OUTFITTERS (RMO) DAN PERENCANAAN SISTEM INFORMASI STRATEGISNYA

  • Manufacturer dan distributor pakaian olahraga RMO mulai membuat proyek sistem pendukung pelanggan
  • Harus memahami sifat bisnis, pendekatan terhadap perencanaan strategis, dan tujuan sistem pendukung pelanggan
  • Proyek pengembangan sistem RMO harus mendemonstrasikan konsep analisis dan desain
  • Reliable Pharmaceutical Service (RPS) adalah studi kasus kedua untuk tujuan-tujuan pembelajaran

Pengenalan terhadap Bisnis RMO

  • Berdiri di Park City, Utah menyediakan pakaian olahraga musim dingin untuk toko ski lokal
  • Diekspansi ke dalam penjualan mail-order langsung dengan katalog kecil—mengingat kebutuhan katalog bertambah, maka dibuat toko retail terbuka di Park City, distribusi pakaian olahraga regional awalnya dilakukan oleh 2000 distributor di Rocky Mountain dan Western States
  • Sekarang penjualan tahunan berkisar $150 juta, 600 karyawan, dan dua toko retail
  • Penghasilan mail-order berkisar $90 juta; penghasilan phone-order berkisar $50 juta

Cover katalog RMO awal (1978): lihat gambar di slide 29

Cover katalog RMO sekarang (2007): lihat gambar di slide 30

ISU-ISU STRATEGIS RMO

  • Distributor pakaian yang inovatif; produk-produk unggulan terpasang di website mendahulu para pesaing
  • Fungsi-fungsi website asli

-          meningkatkan image, copian permintaan katalog, portal terhadap website sport outdoor

  • meningkatkan fungsi-fungsi website

-          menambah informasi produk khusus, spesial mingguan, dan semua penawaran produk

  • perencanaan strategis IS detail

-          manajemen rantai persediaan

-          manajemen hubungan pelanggan

STRUKTUR ORGANISASI RMO

Dimanage oleh original owners

  • John Blankens – President
  • Liz Blankens – Vice president of merchandising and distribution
  • William McDougal – Vice president of marketing and sales
  • JoAnn White – Vice president of finance and systems

Lata belakang keuangan dan accounting

Lokasi RMO: lihat gambar di slide 33

DEPARTEMEN SISTEM INFORMASI RMO

  • Mac Preston – Assistant vice-president and chief information officer (CIO)
  • Promosi baru dibuat setelah pembuatan perencanaan strategis IS
  • Laporan CIO untuk keuangan dan systems VP
  • CIO semakin penting bagi masa depan RMO
  • Kepentingan strategisnya yang diberikan, departemen IS akan melaporkannya kepada CEO
  • Staf departemen SI RMO: lihat gambar di slide 35

Sistem ROM yang ada

  • Sistem berbasis mainframe kecil

-          Inventori pendukung, mail-order, accounting, dan sumberdaya manusia

-          Memiliki konektivitas resmi untuk situs distribusi dan mail-order

  • LANs and file servers

-          Mendukung fungsi kantor central, pusat distribusi, dan pusat-pusat manufacturing

-          Batch updates ke mainframe

  • Website informasi RMO

-          Hosted by oleh Internet service provider (ISP)

  • Merchandising/distribution system

Mainframe berumur 12 tahun: COBOL/CICS, DB2, VSAM application

  • Mail order system

Mainframe COBOL application berumur 14 tahun

  • Phone order system

Oracle and Visual Basic system built 6 tahun yang lalu

  • Retail store systems

Point-of-sale dan paket invonetori batch berumur 8 tahun, update semalam dengan mainframe

  • Office systems

LAN dengan office software, Internet, e-mail

  • Sumber daya manusia

Daftar gaji dan benefit berbasis mainframe berumur 13 tahun

  • Accounting/finance system

Paket mainframe dibeli dari vendor terkenal

PERENCANAAN STRATEGIS SI

Mendukung perencanaan strategis RMO

  • Membangun hubungan pelanggan langsung lebih banyak
  • Memperluas pemasaran ke luar Western states

Perencanaan bersifat seri untuk pengembangan dan proyek integrasi sistem informasi selama beberapa tahun

Peluncuran proyek: sistem pendukung pelanggan baru untuk mengintegrasi orderan telpon, surat, dan orderan pelanggan langsung via internet

PERENCANAAN ARSITEKTUR TEKNOLOGI RMO

Aplikasi bisnis distribusi

  • Melintasi berbagai lokasi dan sistem
  • Menyediakan mainframe untuk web server, databse, dan telekomunikasi

Proses bisnis strategis via internet

  • Manajemen rantai persediaan (SCM)
  • Pemesanan pelanggan langsung via website dinamis
  • Manajemen hubungan pelanggan (CRM)
  • Intranet berbasis web untuk pekerjaan-pekerjaan bisnis

PERENCANAAN ARSITEKTUR APLIKASI RMO

Supply chain management (SCM)

  • Pengembangan produk, penambahan produk, manufacturing, dan manajemen inventori

Customer support system (CSS)

  • Mengintegrasikan sistem pemrosesan dan pemenuhan order dengan SCM
  • Mendukung order pelanggan (surat, telpon, web)

Sistem manajemen informasi strategis

  • Mengekstrak dan menganalisis informasi SCM dan CSS untuk pembuatan dan pengawasan keputusan operasional dan strategis

Retail store system (RSS)

  • Mengganti sistem penyimpanan ritel yang ada dengan sistem yang terintegrasi dengan CSS

Accounting/finance system

  • Aplikasi intranet pembelian untuk memaksimalkan akses karyawan terhadap perencanaan dan pengawasan data keuangan

Sistem sumber daya manusia (HR)

  • Aplikasi intranet pembelian untuk memaksimalkan akses karyawan terhadap informasi kondisi sumber daya manusia, prosedur, dan keuntungan

Daftar Perencanaan Strategis RMO: lihat gambar di slide 43

The Customer Support System (CSS)

  • Kompetensi inti RMO adalah kemampuannya mengembangkan dan memlihara loyalitas pelanggan
  • Supply chain management (SCM) harus ditentukan sebelum CSS dimulai
  • CSS adalah sistem inti yang mendukung manajemen hubungan pelanggan
  • Aktivitas analisis sistem akan menentukan kebutuhan sistem secara detail
  • Tujuan-tujuan yang tercantum pada perencanaan strategis akan menjadi pedoman sebagai hasil proyek

Analis sebagai Pengembang Sistem (System Developer)

Bagian 1: Analis Sistem

  • Bab 1: Dunia Analis Sistem Informasi (bab ini)
  • Bab 2: Pendekatan Pengembangan Sistem

-          SDCLC yang prediktif dan adaptif

-          Pendekatan tradisional

-          Pendekatan berorientasi objek

  • Bab 3: Analis sebagai manager proyek

Bagian 2: Tugas Analis Sistem

  • Bab 4: Memulai Analisis: Kebutuhan Sistem Investigasi
  • Bab 5: Kebutuhan Sistem Modeling
  • Bab 6: Pendekatan Tradisional terhadap Kebutuhan
  • Bab 7: Pendekatan Berorientasi Objek terhadap Kebutuhan
  • Bab 8: Mengevaluasi Alternatif untuk Kebutuhan, Lingkungan, dan Implementasi
  • Bagian 3: Tugas Desain Sistem
  • Bab 9: Menuju Desain
  • Bab 10: Pendekatan Tradisional terhadap Desain
  • Bab 11: Pendekatan Berorientasi Objek terhadap Desain
  • Bab 12: Mendesain Database
  • Bab 13: Mendesain User Interface
  • Bab 14: Mendesain Interface, Kontrol, dan Keamanan Sistem

Bagian 4: Implementasi dan Support

  • Bab 15: Membuat Operasional Sistem
  • Bab 16: Trend Terbaru dalam Pengembangan Sistem

Bab Tambahan Online

  • Online Bab 1: Topik Lanjutan dalam Desain OO
  • Online Bab 2: Paket Software dan ERP

Lampiran Online

  • Manajemen Proyek, Keuangan, Perencanaan, Interviewing

RANGKUMAN

  • Analis sistem menyelesaikan permasalahan bisnis menggunakan teknologi sistem informasi
  • Penyelesaian masalah berarti melihat permasalahan bisnis secara detail, sangat memahami masalah, dan memilih solusi terbaik
  • Pengembangan sistem informasi lebih diutamakan daripada penulisan program
  • Sistem—kumpulan komponen-komponen yang terhubung, berfungsi bersama-sama untuk mencapai suatu hasil
  • Hasil sistem informasi—solusi untuk masalah bisnis
  • Sistem informasi, subsistem, dan komponen-komponennya berinteraksi dengan dan mencakup hardware, software, input, output, data, manusia, dan prosedur
  • Analis sistem memiliki pengetahuan luas dan berbagai keahlian, mencakup teknis, bisnis, dan sosial
  • Perilaku integritas dan etis krusial untuk kesuksesan analis
  • Analis sistem mengimbangi berbagai teknologi perubahan cepat
  • Pekerjaan analis sistem pada perencanaan strategis dan kemudian pada proyek pengembangan sistem

Diterjemahkan dari materi pertemuan 1 matakuliah ADS (Analisis dan Desain Sistem) oleh Komarudin Tasdik

TERJEMAHAN INI BELUM DI EDIT

Sumedang, 30 Agustus 2010

About these ads

3 responses to “Dunia Analis Sistem Informasi

  1. Pingback: Archive for Satzinger -riandragon89

  2. gan, ijin sedot buat tugas paper ane ttg RMO.
    ctrl+d buat masuk daftar pustaka :)
    thanks a lot :shakehand

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s